Pendaftaran CPNS 2021 akan dibuka pada akhir Juni mendatang. Namun sudah ada beberapa instansi pusat yang membuka formasinya.

Beberapa instansi pusat telah mengumumkan formasi yang dibutuhkan dalam pendaftaran CPNS 2021 mendatang.

Tercatat beberapa formasi instansi pusat tersebut ada yang membutuhkan lulusan SMA/SMK sederajat untuk pendaftaran CPNS 2021.

Dilansir dari unggahan akun Instagram @ens.pknstan pada Senin, 21 Juni 2021 memberikan informasi mengenai instansi pusat yang telah membuka kebutuhan formasinya di CPNS.

1. Kejaksaan

Instansi Kejaksaan pusat membutuhkan formasi ASN sebanyak 4.148 orang pada tahun 2021 ini.

Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan paling banyak ialah Sarjana Hukum yang akan menempati posisi sebagai jaksa. Total kebutuhannya mencapai 1.000 formasi.

2. Kementerian Hukum dan Ham

Kementerian Hukum dan Ham membuka sebanyak 4.500 formasi dengan berbagai kualifikasi pendidikan.

Beberapa formasi yang tersedia yaitu untuk dokter, bidan, perawat, pranata komputer, analis hukum, pembimbing kemasyarakatan, penjaga tahanan, dan pemeriksa keimigrasian.

3. Kementrian Luar Negeri

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia membutuhkan tambahan ASN sebanyak 332 formasi.

Formasi terbanyak ialah lulusan Diploma dengan jumlah 140. Kemudian ada pranata konselerasi sebanyak 80 formasi.

Selain itu Kementerian Luar Negeri juga membutuhkan tambahan ASN sebanyak 44 formasi untuk pranata informasi diplomatik.

4. BPK

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) membuka total 1.320 formasi untuk mengisi jabatan pemeriksa ahli pertama, pranata komputer, serta pengelola data informasi dan hukum.

5. BNN

Badan Narkotika Nasional (BNN) telah resmi membuka 184 formasi ASN tahun 2021.

Rincian kebutuhan ASN di BNN berupa tenaga teknis, apoteker, dokter, psikologi klinis, perawat, analis anggaran, penerjemah, hingga penyuluh narkoba.

6. Basarnas

Tahun 2021 Basarnas resmi membuka lowongan CPNS sebanyak 148 formasi untuk beberapa jabatan.

Jabatan yang dibutuhkan ialah rescuer pemula, juru mudi, juru minyak, masinis, kelasi, dan markonis. Semua jabatan tersebut tersedia untuk lulusan SMA/SMK sederajat.

7. Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan membuka lowongan CPNS sebanyak 2.445 formasi tahun 2021. Formasi tersebut bisa dilamar untuk segala jenjang pendidikan.

8. Polri

Pada seleksi penerimaan CPNS 2021 Polri membuka lowongan sebanyak 1.035 formasi.

Formasi tersebut dibagi menjadi dua kelompok, yakni tenaga medis dan tenaga teknis. Adapun rinciannya diperuntukkan untuk umum, lulusan terbaik, distabilitas, dan putra putri Papua.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka lowongan CPNS sebanyak 1.057 formasi.

Lulusan yang dibutuhkan ialah teknik sipil, sistem informasi, ilmu komputer, manajemen proyek konstruksi, ilmu hukum, pianologi teknik transportasi, teknik perawatan gedung, arsitektur, rekayasa struktur, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa instansi pusat yang telah membuka lowongan CPNS 2021 untuk kebutuhan formasinya.***