Ini 10 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Terbaik Versi Webometrics Juli 2021

Webometrics Ranking Web of Universities kembali merilis daftar perguruan tinggi terbaik di dunia. Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) pun berhasil masuk dalam daftar tersebut. Bahkan, delapan di antaranya berhasil berada pada 100 besar perguruan tinggi terbaik se-Indonesia versi Webometrics. 

Foto ilustrasi

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan perguruan tinggi menggunakan dua indikator, yakni webometrik dan bibliometrik. Kehadiran dan visibilitas web diyakini dapat menjadi indikator kinerja sebuah perguruan tinggi. 

Pemeringkatan webometrics ini seringkali dijadikan acuan bagi para lulusan SMA maupun mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Berikut 10 PTKN terbaik versi Webometrics Juli 2021: 

1. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (UIN SGD Bandung)

UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi PTKN terbaik se-Indonesia berdasarkan peringkat Webometrics. Dalam pemeringkatan tersebut, diketahui juga bahwa universitas yang berlokasi di Jalan A.H. Nasution no. 105, Cibiru, Bandung ini masuk dalam 100 besar perguruan terbaik Indonesia. 

UIN SGD Bandung berada pada peringkat ke-38 dari seluruh perguruan tinggi se-Indonesia, sekaligus ranking ke-3.913 dunia versi Webometrics. Informasi selengkapnya tentang universitas yang memiliki sembilan fakultas ini dapat diakses pada laman https://uinsgd.ac.id/

2. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Syahid Jakarta). 

Di posisi ke-2 PTKN terbaik ditempati UIN Syahid Jakarta. Universitas yang telah melahirkan banyak cendekiawan ini menduduki peringkat ke-51 perguruan terbaik se-Indonesia sekaligus ranking ke-4.317 dari universitas dunia versi Webometrics. 

Kampus yang berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan ini juga merupakan cikal bakal pengembangan pendidikan tinggi Islam di Indonesia. Informasi terkait UIN Syahid Jakarta dapat diakses pada laman https://www.uinjkt.ac.id/id/

3. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN Raden Intan Lampung)

PTKN terbaik ke-3 versi Webometrics adalah UIN Raden Intan Lampung. Universitas yang menduduki posisi ke-60 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia ini memiliki slogan “Intelectuallity, Spirituality, Integriti”. Kalau sahabat tertarik mencari informasi tentang UIN Raden Intan Lampung, dapat mengunjungi laman https://www.radenintan.ac.id/

4. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Suka Yogyakarta)

Selanjutnya, PTKN terbaik ke-4 versi Webometrics adalah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Universitas yang berlokasi di Jalan Marsda Adisucipto, Yogyakarta ini masuk dalam 100 besar perguruan tinggi terbaik se-Indonesia, tepatnya menduduki peringkat ke-70. Informasi seputar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dapat diakses pada laman https://uin-suka.ac.id/id. 

5. Institut Agama Islam Negeri Kendari  (IAIN Kendari)

Posisi ke-5 PTKN terbaik se-Indonesia versi Webometrics diduduki IAIN Kendari. Berdasarkan data pada laman Webometrics, IAIN Kendari menduduki posisi ke-72 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Informasi tentang perguruan tinggi Islam negeri terbesar di Sulawesi Tenggara ini dapat diakses pada laman http://iainkendari.ac.id/.

6. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN Tulungagung)

Masyarakat Tulungagung patut bangga memiliki IAIN Tulungagung.IAIN Tulungagung merupakan PTKN terbaik ke-6 se-Indonesia berdasarkan pemeringkatan Webometrics. 

IAIN Tulungagung saat ini berada pada posisi ke-74 di antara ribuan perguruan tinggi se-Indonesia. Jika penasaran dengan profil IAIN Tulungagung, anda dapat mengakses laman http://www.iain-tulungagung.ac.id/

7. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya 

Di posisi ke-7 PTKN terbaik se-Indonesia versi Webometrics ada UIN Sunan Ampel Surabaya. Universitas yang memiliki visi untu menjadi universitas Islam yang unggul dan kompetitif bertaraf internasional ini berada pada posisi ke-80 dari seluruh perguruan tinggi se-Indonesia, atau ranking ke-5235 se-dunia versi Webometrics. Info tentang universitas yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ini dapat diperoleh melalui laman https://w3.uinsby.ac.id/

8. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 

Masih dari daerah Jawa Timur, ada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang juga masuk dalam 100 besar perguruan tinggi se-Indonesia versi Webometrics. Berada pada posisi ke-99 di antara perguruan tinggi se-Indonesia, sekaligus menjadikan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bertengger sebagai PTKN terbaik ke-8 se Indonesia. Di laman resmi UIN Malang (https://www.uin-malang.ac.id/) pengunjung dapat berselancar dalam empat bahasa, yaitu: Bahasa Indonesia, Inggris, Arab, serta Mandarin.  

9. Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN Pontianak)

Kampus Islam pertama di Kalimantan Barat, IAIN Pontianak, menduduki peringkat ke-9 PTKN terbaik se-Indonesia. Berdasarkan pemeringkatan Webometrics, IAIN Pontianak berada diurutan ke-104 dari seluruh perguruan tinggi se-Indonesia. Melalui laman https://iainptk.ac.id/, pengunjung dapat mengetahui berbagai informasi terkini dari IAIN Pontianak. 

10. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau 

Akhirnya, di posisi ke-10 PTKN terbaik se Indonesia, ada UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Berdasarkan data Webometrics, dibandingkan dengan seluruh perguruan tinggi se-Indonesia, UIN Sultan Syarif Kasim Riau berada pada peringkat ke-107. Informasi terkait universitas yang telah berkomitmen untuk menjadi World Class University ini dapat diakses pada laman https://uin-suska.ac.id/. (ang)

0 Komentar

X
X