Headline
---

Kabar Baik, Kemendikbudristek Selenggarakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2021

Melalui Kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong mahasiswa tidak hanya unggul secara akademik tetapi mampu beradaptasi dengan perubahan, semangat belajar sepanjang hayat, dan memiliki kepedulian terhadap pembangunan berkelanjutan.

Untuk itu, melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemendikbudristek menyelenggarakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2021 guna mewujudkan sumber daya manusia yang memiliki keunggulan seimbang antara kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.

“Kami yakin ke depan adik-adik mahasiswa akan menjadi sosok yang mengisi pembangunan Indonesia ini terutama dalam hal memberikan sumbangsih pemikiran-pemikiran yang bersifat membangun untuk membantu menjawab persoalan-persoalan bangsa ini,” terang Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi, di Jakarta, Kamis (9/9/2021).

Para finalis yang masuk sebagai kandidat mahasiswa berprestasi ini, lanjut Asep, membuktikan bahwa generasi muda Indonesia merupakan generasi tangguh dan pantang menyerah. “Saya bangga para finalis memiliki semangat tinggi untuk berjuang dan berkarya di tengah-tengah cobaan pandemi yang sedang terjadi,” ujar Asep Sukmayadi.

Pemilihan mahasiswa berprestasi ini dilaksanakan dengan berbagai tahap yang terdiri atas seleksi wilayah yang dikoordinasikan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I sampai XVI. Selanjutnya para mahasiswa terpilih ini akan melanjutkan seleksi pada tahap nasional pada Pilmapres 2021 yang diselenggarakan pada 7 sampai 9 September 2021. Acara dibuka secara virtual oleh (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi, Selasa (7/9).

Pada Pilmapres 2021, akan dipilih mahasiswa berprestasi jenjang sarjana dan mahasiswa berprestasi jenjang diploma. “Sesungguhnya anak-anak kita ini merupakan anak-anak yang berprestasi yang mampu berkarya di tengah situasi yang sedang banyak cobaan ini, dan dalam suatu kompetisi harus memilih yang terbaik dari yang baik. Maka nantinya akan dipilih finalis untuk menjadi pemenang,” ucap Asep Sukmayadi.(kem)

Dewan juri pada Pilmapres 2021 ini berasal dari praktisi dan para akademisi pada berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Terdapat 15 orang finalis mahasiswa berprestasi kelompok sarjana, dan juga 15 orang finalis mahasiswa berprestasi kelompok diploma.

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan