Jabar Pimpin Klasemen PON XX Papua, Ridwan Kamil: Bukti Bukan Jago Kandang

Provinsi Jabar masih memimpin perolehan medali emas pada ajang PON XX Papua 2021. Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau akrab disapa Emil mengaku dirinya enggan berandai-andai Jabar bakal menjadi juara umum, meski Jabar berpotensi besar untuk meraih prestasi tersebut.

Foto : Atlet Karawang penyumbang Emas untuk Jabar di Papua

Kini, emas yang telah diraih oleh kontingen Jabar berselisih 12 dari peringkat dua. Selain itu, terdapat sekitar 20 cabang olahraga lagi yang akan diperebutkan Jabar untuk meraih emas di partai final.

"Kita belum bisa berandai-andai, tapi matematikanya kita per tadi pagi sudah berbeda 12 emas ya dengan ranking dua, dan masih ada rombongan peraih emas lagi sekitar 20-an mengantre untuk tampil di final," tuturnya di Gedung Sate Bandung, Rabu (13/10).

Emil meyakini Jabar bisa kembali jadi juara umum. Hal itu juga menjadi bukti bahwa Jabar dapat meraih prestasi saat bertandang ke provinsi lain.

"Andai tidak ada halangan kita bisa meraih lagi juara umum ya. Dan tanggapan saya, kalau terjadi ya ini bukti bahwa kita bukan jago kandang kira-kira begitu," ucap dia.

Lebih lanjut, Emil mengatakan, Jabar memiliki sistem pembinaan usia dini yang dimulai dari tingkat kota dan kabupaten hingga provinsi. Nantinya, bibit atlet tersebut akan disaring untuk dibina kembali di Pusat Pendidikan dan Latihan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP).

"Jadi anak-anaknya ditarik ke sekolah khusus yang memprioritaskan kesehariannya dalam olahraga. Sambil dia disetarakan pendidikan formalnya," kata dia,seperti dikutip dari Kumparan.

Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh hingga Rabu (13/10) pukul 09.00 WIB, Jabar sudah meraih 295 medali, terdiri dari 110 emas, 87 perak dan 98 perunggu.(***)

0 Komentar

X
X