Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengubah jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) 2021 untuk jenjang SD, MI, Paket A dan sederajat. Semula, gelombang I dan II pada jenjang ini dilaksanakan pada 8 sampai 11 November 2021.

Kini jadwal diubah menjadi tanggal 15 sampai 18 November 2021. Pelaksanaan dilakukan selama dua hari.

Pada hari pertama pelajar mengerjakan latihan selama 60 menit, literasi membaca 75 menit, dan survei karakter 20 menit. Pada hari kedua, latihan 25 menit, numerasi 75 menit, dan survei lingkungan belajar 20 menit.

Untuk gelombang III dan IV pada jenjang tersebut, AN dilaksanakan mulai dari tanggal 22 sampai 25 November 2021. Pelaksanaan, model dan waktu asesmen pada gelombang ini sama dengan gelombang I dan II.

AN hanya dilaksanakan di satuan pendidikan pada wilayah yang diperbolehkan melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Izin tersebut berdasarkan penetapan pemerintah terkait PPKM.

Informasi lebih lanjut tentang pelaksanaan AN 2021 dapat diakses melalui https://s.id/POS-AN-2021. Selain itu, para peserta juga dapat melihat contoh soal pada laman https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/an/. (Med)