Hari Santri diperingati setiap 22 Oktober. Hari Santri Nasional (HSN) 2021, merupakan salah satu hari bersejarah, terlebih untuk para santri.

Ketua PWNU Jabar, KH Hasannuri Hidayatullah

Di momen ini, Ketua Tanfidziyah Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat, KH. Hasan Nuri Hidayatullah mengajak santri untuk selalu bersyukur dan aktif berperan dalam berbangsa dan bernegara.

"Ini adalah momen yang harus disyukuri dunia pondok pesantren, wabil khusus untuk para santri, di mana negara memberi pengakuan khusus mengenang perjuangan santri dalam kemerdekaan bangsa Indonesia," ucap Gus Hasan, sapaan akrabnya.

Oleh karenanya, ia mengajak santri memanfaatkan waktu sebaik-baiknya menyongsong masa depan, agar santri bisa berperan melanjutkan estafet kepemimpinan di negeri ini.

Besarnya peran santri, menurut pimpinan Pondok Pesantren Ashiddiqiyah Cilamaya, Kabupaten Karawang ini, bukan sekadar pencetus resolusi jihad melawan penjajah, namun juga sebagai pagar moral dan nilai-nilai keimanan, hingga negara Indonesia menjadi bangsa yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

"Dunia santri ini adalah dunia yang berperan besar dalam berbangsa dan bernegara, maka kita wajib mensyukurinya bahwa peran santri ini adalah peran yang mulia," paparnya.

Oleh karenanya, Gus Hasan berpesan agar santri selalu mensyukuri karunia Allah SWT dengan menanfaatkan dan memperkokoh diri dengan nilai keilmuan dan akhlak.

"Kelak ketika bangsa ini butuh melanjutkan estafet kepemimpinan negeri ini, para santri siap untuk mengisi peluang tersebut," jelasnya. (Rd)