Bupati Karawang Pimpin Rapat Mitigasi Bencana : Kami Siap dan Siaga!

Guna meningkatkan sinergitas antar Perangkat Daerah dalam penanggulangan bencana, BPBD Karawang menggelar Rapat Koordinasi Mitigasi Bencana. Rakor dipimpin langsung Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana, Senin (8/11/2021) siang di Kantor BPBD.


Pemetaan rakor mitigasi bencana yaitu membahas secara makro terkait berbagai kesiapan, persediaan, dukungan eksternal dalam menghadapi bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Bupati meminta kepada BPBD dan seluruh perangkat yang menangani bencana agar bersiap diri.

"Karawang memiliki bagian hulu dan hilir dimana di setiap daerah tersebut, penanganan bencana tidak sama," kata Bupati.

Bupati melanjutkan, Kabupaten Karawang memiliki rekam jejak bencana yang cukup unik. Disaat musim kemarau kekurangan air, sementara disaat musim penghujan di sejumlah titik air sungai meluap hingga mengakibatkan banjir.

Menurutnya, penanganan banjir di setiap wilayah di Kabupaten Karawang tidak bisa disamaratakan. Harus mempunyai strategi yang berbeda,
seperti di wilayah Karawang timur yang berbatasan dengan Jatiluhur Purwakarta, berbeda dengan penanganan di daerah Karanglinggar Telukjambe Barat.

Sementara Kepala BPBD Karawang, Yasin Nasrudin menyatakan pihaknya telah mempersiapkan segala kemungkinan mewaspadai adanya bencana di musim penghujan tahun ini. BPBD menyatakan siap dan siaga menghadapi banjir di sejumlah wilayah di Karawang.

"Intinya, untuk kesiapan di musim penghujan tahun ini BPBD Kabupaten Karawang sangat siap bilamana terjadi banjir, baik perahu untuk evakuasi dan kebutuhan logistik Sembako, dan lain-lain yang menjadi kebutuhan masyarakat terdampak banjir,” ucapnya. (diks)

0 Komentar

X
X