Cabang Olahraga Hand Ball atau bola tangan, merupakan cabang olahraga baru dalam kompetisi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat. Namun, dalam Babak Kualifikasi yang di selenggarakan di Gor Carrera Subang pada 22 - 25 kemarin, cabang yang di wakili tim putri handball karawang ini, sukses lolos di babak kualifikasi 2021.
Selama pertandingan, Selisih point antara Karawang lebih unggul dari dua kontingen lainnya asal Purwakata dan Cimahi pada pertandingan akhir paska menghadapi lawan akhir dari Kota Bogor.

Tim Hand Ball Puteri Karawang Sukses di Babak Kualifikasi Porprov 2021 yang di pertandingan di GOR Carerra Subang, Jawa Barat


Coach Hand Ball Karawang, Arjudin M.Pd mengatakan, paska lolos kualifikasi, permainan karawang ia sarankan kepada para atlit harus lebih difokus kan lagi dari lini tembok pertahanan. Ini dilakukan setelah berkaca saat bertanding dengan lawan Kota Bogor dimana Karawang lebih dominan kebobola. Sebab, ia akui, kota bogor putri pemainnya cenderung lebih matang dan siap.

"Sejak awal kami selalu arahkan agar Bertanding dengan target selisih point, Karawanf harus lebih unggul dari purwakarta dan cimahi, permainannya harus jauh lebih baik dr pertandingan pertama saat pembukaan karwang vs kota bekasi. Demikian juga pemain putri karawang juga sudah saya siapkan untuk mendobrak pertahanan tim putri kota bogor. Mereka adalah Janu, Ananda, Silfia, verawati, Sri mulyani, Ini pemain pendobrak dan pencetak gol, " Katanya, Minggu (28/11).


Arjudin menambahkan, pada pertandingan akhir karawang 4 vs Kota Bogor 30, meskipun kalah telak oleh kota Bogor, Namun Karawang tetap unggul selisih point dari 2 kontingen tersebut  dan di nyatakan lolos kualifikasi menuju porprov XIV 2022.
"Alhamdulillah, walaupun kalah tapi selisih poinnya Kita tetap unggul, jadi Karawang tetap bisa lanjut menuju Porprov XIV 2022, " Kata Dosen Jebolan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini.


Sementara itu, Ketua Caba g olahraga handball/bola tangan Karawang Dhika Bayu mahardika, M.Pd mengatakan, 
dari awal sebelum kualifikasi di gelar, dirinya selalu menaruh harapan besar agar tim putri bisa mempertahankan peringkatnya. Sebab, mereka ini, selain lolos kualifikasi Porda tahun 2018 di GOR progresif Bandung. Alhamdulillah sambung Dhika, sudah terjawab di thn 2021 dengan prestasi lolos Kualifikasi Porprov.

"Besar harapan semoga Koni Karawang terus bisa mensupport atlet-atlet karawang dan cabang olaharaga yang lolos di babak kualifikasi Porprov 2021 menuju Porprov 2022. Selain itu harapan besar saya bersama pengurus, cabor bola tangan ini bisa lebih memasyarakat  khususnya di sekolah dan universitas di Karawang, karena Peluang berprestasi di cabor bola tangan ini lebih besar dan untuk mempermudah dalam pembibitan atlet Bola tangan, " Pungkasnya. (Rd)