Kita semua mungkin pernah merasakan mengantuk setelah makan. Ini merupakan hal yang umum terjadi. Namun sebenarnya apa yang terjadi pada tubuh kita? Kenapa rasa kantuk kian terasa setelah makan?

Tubuh memerlukan energi agar dapat berfungsi optimal. Energi tersebut diperoleh dari makanan yang kita konsumsi. Soal rasa kantuk yang muncul setelah makan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Ketika makanan sudah masuk ke dalam perut akan dipecah menjadi bahan bakar atau glukosa oleh sistem pencernaan, maka makronutrien seperti protein, karbohidrat, dan lemak akan diolah menjadi kalori atau energi. Siklus yang terjadi di pencernaan juga meningkatkan produksi hormon tertentu.

Di antaranya hormon kolesistokinin, glukagon, dan amylin yang memberikan sinyalemen ke otak bahwa untuk memberitahu rasa kenyang. Hormon-hormon tersebut meningkatkan gula darah dan insulin untuk memungkinkan penyaluran energi ke dalam sel.

Tubuh juga menghasilkan hormon serotonin yang memicu rasa kantuk. Dan ketika kadar hormon ini meningkat, tubuh juga melepaskan hormon melatonin yang menyebabkan rasa kantuk. Produksi hormon melatonin dipengaruhi oleh makanan yang masuk sistem pencernaan.

Selain dari proses siklus pencernaan, beberapa makanan juga dapat memicu rasa kantuk. Orang yang mengantuk setelah makan karena memproduksi banyak hormon serotonin. Peningkatan ini bisa terjadi ketika kita menyantap asupan yang kaya asam amino triptofan yang ditemukan di makanan berprotein tinggi, seperti kedelai, telur, keju, tahu, dan ikan.

Jadi, wajar jika mengantuk setelah makan. Namun demikian, jika selalu merasa mengantuk setelah makan, petut curiga ada penyakit di balik itu, misalkan apnea, anemia, atau diabetes. Mengutip laman Healthline, ada beberapa tips untuk mencegah kantuk setelah makan.

  • Makan dalam porsi kecil
    Makan dalam porsi kecil cukup untuk menigkatkan energi dalam tubuh. Sebab, makan dalam porsi besar memicu kenaikan gula darah dan meningkatkan rasa kantuk. Naiknya gula darah juga menyebabkan energi menurun. Kondisi inilah yang bisa membuat kita mudah mengantuk.

  • Tidur cukup
    Memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas dapat membuat perasaan lebih tenang ketika bangun tidur. Itu sebabnya, orang yang cukup tidur jarang merasa mengantuk di siang hari.

  • Olahraga teratur
    Berolahraga teratur di siang hari, terutama setelah makan, membantu meningkatkan energi dan mengurangi rasa lelah. Menjadi aktif membantu untuk memiliki energi yang cukup untuk menjalani hari.
    Foto ilustrasi orang mengantuk

  • Hindari minuman beralkohol saat makan
    Alkohol memiliki efek penenang pada tubuh dan dapat memicu rasa kantuk.(***)