Minuman yang dilarang setelah divaksin booster menjadi pertanyaan banyak orang. Namun beberapa di antaranya minum air kelapa setelah divaksin booster Covid-19. Alasannya agar tubuh tidak drop dan mempertahankan kekebalan tubuh yang mulai terbentuk.

Foto ilustrasi

Beberapa informasi lain yang beredar juga menyatakan bahwa amat bahaya jika Anda baru saja divaksin booster lalu mengonsumsi alkohol atau kopi. Kepercayaan ini merebak di masyarakat dan banyak diamini.

Namun, apakah informasi semacam itu benar dari kacamata medis? Berikut minuman yang dilarang setelah divaksin booster seperti dikutip dari iNews.id dari berbagai sumber.

1. Air kelapa

Minuman yang dilarang setelah divaksin booster yaitu air kelapa. dr Tan Teck Jack, kepala eksekutif Northeast Medical Group menjelaskan sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menjelaskan bahwa minum air kelapa setelah divaksin baik memberi manfaat khusus.

"Air kelapa tidak lebih dari menghidrasi daripada air biasa, sekalipun mengandung elektrolit yang lebih baik seperti kalium, natrium, dan mangan," kata dr Jack, dikutip dari The Straits Times, Sabtu (22/1/2022).

Namun dr Jack menambahkan, air kepala direkomendasikan untuk Anda yang baru saja berolahraga. Ini baik untuk mengembalikan elektrolit yang hilang selama berkeringat. Air kelapa juga direkomendasikan jika Anda demam tinggi.

2. Alkohol

Minuman yang dilarang setelah divaksin booster lainnya adalah alkohol. Minuman alkohol dipercaya agar tidak boleh diminum setelah disuntik vaksin booster Covid-19. Tapi, dr Sonya Dhand menegaskan bahwa bukti ilmiah soal itu belum ada.

"Tidak ada panduan resmi yang diterbitkan atau penelitian terbaru yang dipublikasi tentang alkohol dan vaksin Covid-19," kata dr Dhand, seorang dokter GP dan A&E berbasis di Manchester, dikutip dari Women's Health.

Namun, dokter sangat menyarankan agar Anda tidak minum alkohol terlalu berlebihan. Sebab, minuman itu terbukti memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Ini bisa membuat Anda lebih rentan.

3. Kopi atau teh

Minuman yang dilarang setelah divaksin booster selanjutnya adalah kopi atau teh. Menurut penjelasan Taiwan Factcheck Center, minum teh atau kopi tidak terbukti menurunkan efektivitas vaksin booster. Rumor kopi dan teh berbahaya jika diminum setelah vaksinasi booster menyebar di media sosial karena kesalahpahaman masyarakat.

Ya, dijelaskan di sana bahwa informasi yang beredar diambil dari wawancara dokter Yu Yirui. Bahkan, dia mengatakan disarankan untuk banyak minum air hangat setelah divaksin, dan kopi serta teh tidak menggantikan air hangat tersebut. Bukan melarang untuk diminum.

"Minum teh dan kopi setelah divaksin tidak perlu dibatasi, karena tidak ada dasar ilmiah untuk kopi atau teh bisa menyerap efek vaksinasi," kata laporan tersebut.(***)