Sejumlah guru dan kepala sekolah di Karawang, tengah menanti hak mereka soal Tunjangan Pegawai Pemerintah (TPP) yang dua bulan terakhir tak kunjung cair jelang maremah atau Munggahan Ramadan Sabtu lusa (2/3/2022). Tidak hanya itu, mengintip dana PMMs di sejumlah sekolah, juga bernasib sama belum nampak tanda-tanda pencairan. Apakah karena alasan SKP tahunan format baru atau masih dalam proses, yang jelas sejumlah guru, kepala sekolah, bahkan pengawas ikut berteriak mempertanyakan hak mereka !


Foto ilustrasi

"Banyak Kepsek dan guru yang mengeluh karna TPP nga sudah 2 bulan belum juga cair, bahkan jelang Munggahan. Bahkan, selain TPP, Pmms juga belum jelas sampai sekarang pencairannya. Padahal SKP format baru dan pemberkasan lainnya sudah selesai, kita berharap cair sebelum Munggahan, " Kata Guru di Kecamatan Lemahabang, Agie Sukmayadi, Kamis (30/3/2022).

Senada di ungkap Ketua Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPs) Karawang Asep Yusuf Ismail, jangankan guru dan kepsek, pengawas juga sama hak TPP nya belum turun jelang munggahan dan sejauh ini banyak yang teriak. Ia sampaikan, khusus pengawa baru, TPP yang akan di terima adalah mulai Februari, sebab Januari harus di penuhi syaratnya, seperti absen SIAP dan SKP, sebab kalau TPP itu kerja dulu baru di bayar, kalo Gaji di bayar duluan.

"Iya sama, banyak yang teriak juga jelang Munggahan, " Katanya.

Kasie GTK Disdikpora Karawang Musa Mulyana Atmaja mengatakan, soal TPP dan PMMs, saat ini sudah dalam pengajuan dan berkas sedang verval penangatanganan.

Sementara itu, saat pembinaan bedah instrumen Akreditasi bersama ratusan pengawas SD, Kadisdikpora Karawang Asep Junaedi mengatakan, guru, kepsek dan pengawas, jangan sampai oleng ketika TPP belum cair. Sejauh ini, masih terus di proses dan diharapkan bisa segera turun.

"Tetap bekerja optimal seperti biasa, jangan sampai TPP belum cair membuat kita oleng," Kata Asep. (Rd)