Setelah dua tahun kegiatan mudik Lebaran ditiadakan akibat pandemi covid-19, pemerintah akhirnya kembali memberi izin pada masyarakat untuk melakukan mudik ke kampung halamannya masing-masing untuk merayakan Idulfitri di tahun ini.

Berdasarkan data dari hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), diperkirakan sekitar 85 juta orang akan melakukan perjalanan mudik tahun ini. Beberapa lembaga atau instansi, BUMN, hingga lembaga swasta berupaya membantu serta memfasilitasi masyarakat yang hendak mudik dengan menggelar program mudik gratis.

Soal mudik gratis, PT Jasa Raharja dipercaya Kementerian BUMN sebagai Koordinator Pelaksanaan Mudik Gratis bertajuk Mudik Aman Mudik Sehat Bareng BUMN 2022. Gelaran ini diikuti oleh 25 BUMN.

"Pendaftaran mudik gratis 2022 telah dibuka sejak 9 April 2022 dan telah ditutup karena sudah memenuhi kuota 20 ribu peserta pada Senin, 18 April 2022. Terlihat antusiasme masyarakat begitu luar biasa," ungkap Direktur Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana dalam keterangan tertulis, Rabu, 20 April 2022.

Mudik Gratis BUMN ini akan dilaksanakan dengan bus yang jumlahnya mencapai 100 armada guna mengangkut 5.000 pemudik. Kemudian sebanyak 23 rangkaian kereta api disiapkan untuk mengangkut 15 ribu pemudik.

Adapun waktu pemberangkatan mudik gratis dengan armada bus akan dilaksanakan pada 27 April 2022 dengan titik kumpul di Gelora Bung Karno. Sedangkan untuk kereta api dimulai pada 27 April hingga 1 Mei 2022 di Stasiun Pasar Senen.

Ada 12 rute tujuan bus mudik yakni Yogyakarta, Semarang, Wonogiri via Solo, Sragen via Solo, Kuningan, Cirebon, Purwokerto, Pati, Magelang, Ngawi, Madiun, Surabaya dan Malang. Sedangkan untuk kereta api, tujuannya adalah Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang.

"Kegiatan Mudik Aman Mudik Sehat Bareng BUMN 2022 ini dilaksanakan dalam rangka mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas terutama kecelakaan sepeda motor serta sebagai upaya BUMN membantu masyarakat mengurangi beban ekonomi dalam melaksanakan mudik Lebaran," terangnya.

Dalam rangka

Foto ilustrasi
mensosialisasikan program Mudik Aman Mudik Sehat Bareng BUMN 2022 ini, Jasa Raharja memasang tanda peringatan Redspot di beberapa titik rawan di daerah Jawa.

"Kami juga akan mengkomunikasikan ini melalui Program Talkshow JR Show Red Spot di kanal YouTube Jasa Raharja Official yang akan live Rabu, 20 April 2022, pada jam 18.00 sampai 19.00 WIB," pungkas Dewi.(Medcom)