Apakah Anda mengetahui perbandingan biaya haji tanpa antre, ONH Plus, dan Reguler? Ketiganya memiliki biaya dan fasilitas yang berbeda-beda.
Mekah

Haji merupakan rukun Islam yang kelima yang wajib dilakukan setidaknya sekali seumur hidup bagi umat muslim yang mampu secara fisik maupun finansial. Ada beberapa pilihan paket yang bisa Anda pilih ketika akan melaksanakan haji, yaitu haji tanpa antre atau Haji Furoda, Haji ONH Plus, dan Haji Reguler.

Nah, bagaimanakah perbandingan biaya haji tanpa antre, ONH Plus, dan Reguler tersebut?

Untuk mengetahui perbandingan biayanya, Anda harus mengerti terlebih dahulu definisi dari paket haji tersebut. Untuk haji Reguler sendiri merupakan haji yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia yang menjalin kemitraan dengan Pemerintah Arab Saudi. Sementara untuk ONH Plus dan Haji Furoda diselenggarakan oleh pihak swasta atau travel.

Meskipun berbeda penyelenggara, ketiganya tetap masuk ke dalam pengawasan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama. Waktu tunggu untuk setiap paket haji juga berbeda-beda.

Waktu tunggu untuk haji Reguler berkisar antara 10 hingga 30 tahun. Untuk haji plus atau ONH plus kuota Kemenag RI berkisar 5-7 tahun. Sedangkan untuk Haji Furoda tidak perlu menunggu atau langsung berangkat.

Untuk perbandingan biayanya, haji tanpa antre, ONH Plus, dan juga reguler berbeda beda dan cukup jauh jika dibandingkan. Hal ini berkaitan dengan fasilitas yang didapatkan dari masing-masing paket haji.

Biaya haji Reguler berkisar antara Rp30 juta hingga Rp45 juta. Untuk haji plus atau ONH Plus, Anda membutuhkan biaya sekitar Rp150 hingga Rp160 tergantung dari kurs yang berlaku saat calon jamaah haji melakukan pendaftaran dan pelunasan. Sementara untuk haji tanpa antre atau Haji Furoda sendiri cukup mahal, yakni di angka Rp250 juta per orangnya.

Fasilitas dan waktu tunggu yang diberikan oleh ketiga paket tersebut berbeda, sehingga semakin mahal harganya, maka fasilitas yang didapatkan akan semakin banyak.

Itulah beberapa perbandingan biaya haji tanpa antre, ONH Plus, dan Reguler yang dilansir dari berbagai sumber situs travel haji.(*)