×

Iklan

Indeks Berita

Pemkab Karawang Lakukan Rakor Persiapan Pemberangkatan Haji 2022

30 Mei 2022 | Senin, Mei 30, 2022 WIB Last Updated 2022-05-30T15:50:06Z
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pemberangkatan Haji 2022/ 1443 Hijriah dengan Kemenag, Polres, Kodim, dan lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Kabupaten Karawang. Rakor tersebut dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Karawang, H. Akhmad Hidayat di Ruang Rapat Gedung Anom Wirasuta Pemda Karawang, Senin (30/5/2022).
Rapat Persiapan Haji Karawang

“Tadi pembahasannya persiapan pemberangkatan para jamaah haji, dilibatkan kemenag, polisi, TNI dan juga beberapa dinas yang akan dilibatkan pada pelaksanaannya nanti. Rapat tadi lebih ke arah teknisnya ya, karena tahun ini sudah bisa para jamaah haji berangkat ke tanah suci tapi nanti kita akan terapkan prokes demi kebaikan kita bersama,” ujar H. Akhmad Hidayat ketika diwawancarai Newsroom Diskominfo Kabupaten Karawang.


Dia menuturkan, untuk saat ini belum ada kendala apa-apa terkait pemberangkatan haji pada tahun ini. Sebab, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Kemenag agar terus mendapatkan informasi baik dari pusat maupun daerah.

“Sementara ini tidak ada kendala, karena kami selalu koordinasi dengan Kemenag dan kita sudah rutin melaksanakan ini, hanya saja karena faktor Pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir ini ada larangan baik dari Pemerintah Arab Saudi maupun dari Pemerintah Indonesia, Alhamdulillah tahun ini dibuka meskipun bersifat terbatas dalam artian kuotanya,” paparnya.


“Kita dari Pemkab Karawang seperti biasa saja pemberangkatannya seperti sebelum-sebelumnya, tapi ini dalam situasi Covid-19 jadi kita berupaya meskipun landai jangan sampai kita terlena, jadi prokes tetap dijaga,” imbuhnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Kemenag Kabupaten Karawang, H. Dadang Ramdani menyebut, sebanyak 985 jamaah haji yang diberangkatkan dari Karawang. Dari total tersebut dibagi menjadi empat kloter.

“Pada nomor kloter 5 pada Senin (6/6/2022) sebanyak 404, nomor kloter 14 Selasa (12/6/2022) sebanyak 404, di nomor kloter 29 dan 30 pada Jumat dan Sabtu 24-25 Juni 2022 sebanyak 111 dan 66, jadi totalnya 985 jamaah haji,” ujarnya.

Dia mengimbau, diharapkan kepada masyarakat khususnya warga Kabupaten Karawang untuk menjaga fisik kesehatan, terutama dalam memperteguh niat untuk bisa berangkat ke tanah suci pada tahun ini.

“Himbauan kami tentu untuk para jamaah siapkan fisik lahir batin, terutama yang palin utama adalah niat Innamal A’malu Binniyat ibadahnya, lepaskan barangkali pikiran-pikiran yang menyangkut kehidupan-kehidupan di tanah air, dan siapkan pikiran untuk pelaksanaan kepergian ke tanah suci baik yang gelombang 1 maupun gelombang kedua,” ungkapnya. (diks)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS