Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau para pemudik motor agar dapat memanfaatkan Jembatan Timbang atau Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Balonggandu di Karawang yang dialih fungsikan sementara menjadi rest area sebagai tempat beristirahat.

Pemudik lintasi Karawang

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kemenhub, Budi Setiyadi, melihat tingginya animo pemudik dengan menggunakan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor.

"Dengan dialih fungsikannya Jembatan Timbang Balonggandu ini diharapkan para pemudik dapat beristirahat sejenak serta menikmati fasilitas yang telah disediakan misalnya kursi pijat sebagai relaksasi sebelum melanjutkan perjalanan," ucapnya pada Kamis (5/5/2022).

Sebagai informasi, rest area pemotor di JT Balonggandu tersedia selama masa arus balik Angkutan Lebaran atau mulai 3 Mei 2022 sampai dengan 10 Mei 2022.

Adapun di dalam JT Balonggandu tersebut dilengkapi dengan tempat bermain anak, fasilitas charge, kursi pijat, mushola, toilet, tenant dari UMKM lokal, serta makanan dan minuman gratis. Selain itu juga disediakan pos kesehatan untuk memeriksakan kondisi pemudik.

Di sisi lain, Dirjen Budi juga mengingatkan bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi sebelum melakukan perjalanan balik dapat melakukan pengecekan kondisi kendaraannya untuk meminimalisir kendala saat di perjalanan.

"Apabila pengemudi baik roda dua maupun roda empat sudah kelelahan jangan memaksa untuk melanjutkan perjalanan. Masyarakat dapat manfaatkan JT Balonggandu ini agar perjalanan anda dapat tetap aman, nyaman, dan selamat sampai ke rumah," pungkas Dirjen Budi.(nas)