×

Iklan

Indeks Berita

PPDB Belum Buka, Orangtua Sudah Antre Daftarkan Anak Masuk SD

30 Mei 2022 | Senin, Mei 30, 2022 WIB Last Updated 2022-05-30T15:51:27Z
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD dan SMP Negeri belum buka. Bahkan, management sekolah masih di sibukan dengan hari terakhir pelaksanaan kegiatan Ujian Sekolah (US) kelas VI, Senin (30/5/2022). Namun, sejumlah warga sudah banyak mendatangi sekolah-sekolah untuk sekedar meminta formulir dan mendaftarkan putera-puterinua masuk SD, seperti yang nampak di SDN Pulojaya 1 Kecamatan Lemahabang. 
Foto : Saat Ujian Sekolah Berlangsung, Orangtua Siswa mulai berdatangan Mendaftarkan anaknya ke bangku SD ketika PPDB Belum di buka


Menurut Guru SDN Pulojaya 1, Aca S.Pdi, pihaknya baru open PPDB sekitar pertengahan Juni mendatang, bahkan saat ini pihak sekolah masih di sibukkan dengan kegiatan US dan input raport. Namun, masyarakat dan orangtua, sudah banyak berdatangan ke sekolah, ada yang sekedar memintai formulir dan konsultasi teknis, maupun melengkapi pendaftaran sekaligus ke sekolah. Padahal, pelulusan di TK dan Paud, juga masih belum dilakukan.

"Sekarang kita akan meluluskan 64 siswa kelas VI atau dua kelas dan jumlah kuota yang akan di butuhkan diperkirakan tidak jauh dari jumlah tersebut, karena masih menunggu, " Ungkapnya.

Namun, saat datang ke sekolah dengan maksud mendaftarkan anak-anaknya, banyak diantara orangtua justru datang dari luar desa, ini sebut ACa, harus diberikan pengertian lebih jauh, sebab ada kategori rayonisasi atau zonasi, sehingga diberikan pengertian agar domisili sekolah di prioritaskan dari tempat tinggal para pendaftar.

Foto : Saat Ujian Sekolah Berlangsung, Orangtua Siswa mulai berdatangan Mendaftarkan anaknya ke bangku SD ketika PPDB Belum di buka

"Sekarang yang sudah datang ke sekolah hampir 10 orangtua. Kalau sekedar ambil formulir ya silahkan saja, tapi kita selalu tekankan istilah zonasi, " Ujarnya.

Lebih jauh ia menambahkan, bagi lulusan TK dan Paud saat ini, sudah teregister di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sehingga mutasinya sudah di proses oleh TK dan Paud dengan istilah "di keluarkan". Karenanya, jelang pendaftaran, ada baiknya saran Aca, orangtua/wali murid bisa penuhi semua syarat dan kelengkapannya sebelum datang ke sekolah di jadwal mulainya pendaftaran. 


"Jadi ya di mutasikan sudah ada keterangan dapodik dari Paud dan TK asal, semuanya sudah diproses, " Pungkasnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS