×

Iklan

Indeks Berita

Siap-siap, 143 Sekolah di Karawang Mau di Garap Asesor Akreditasi

31 Mei 2022 | Selasa, Mei 31, 2022 WIB Last Updated 2022-05-31T12:46:52Z
Sejumlah satuan pendidikan baik jenjang SD, SMP dan SMA sederajat sudah habis masa akreditasi 4 tahunannya. Para asesor lintas jenjang dan latar belakang akademisi, siap menggarap akreditasi yang kabarnya bakal menyasar 143 satuan pendidikan pada pertengahan tahun ini. 

Rencananya, sebelum jadwal pelaksanaan akreditasi muncul, Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BANS/M) akan gelar sosialisasi terlebih dahulu via virtual zoom meeting pada 6-11 Juni mendatang.
Foto : Sudirja M.pd Salah seorang Asesor Akreditasi Bagi Satuan Pendidikan yang akan mulai di garap sekitar Pertengahan tahun ini

"Untuk Akreditasi akan diawali dulu dengan sosialisasi Akreditasi oleh BANS/M pada tanggal 6-11 Juni 2022, melalui zoom meetyng, sementara jadwal visitasi menyusul setelah sosialisasi, " Kata Salah seorang Asesor Akreditasi di Karawang Sudirja M.Pd kepada pelitakarawang.com, Selasa (31/5/2022).

Untuk sasaran akreditasi Kabupaten Karawang sendiri, sambung Sudirja, adalah beradasarkan surat dari BANS/M tanggal 30 Mei 2022, yaitu 143 satuan pendidikan dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA. Ia tegaskan bahwa untuk pelaksanaannya sendiri, kemungkinan potensi tatap muka atau luring sesuai dengan kebijakan daerah dan satgas Covid masing-masing kabupaten/kota.

"Kemungkinan pelaksanaannya tatap muka alias luring sesuai kebijakan daerah, " Ujarnya.

Sementara itu, untuk asesor akreditasinya sambung Sudirja, yaitu tidak ada lagi asesor SD, SMP, atau SMA/SMK, tapi di istilahkan merupakan asesor lintas jenjang, bahkan ada asesor dari latarbelakang dosen atau akademisi. Disinggung indikator Akreditasi tahun ini apa saja, Sudirja menyebut bahwa perlu di ingat semua sasaran sekolah yang akan di garap akreditasi, bahwa saat ini lebih pada berbasis Kinerja dan administrasi, maka Update dapodik dari setiap satuan pendidikan baik sasaran maupun bukan sasaran akreditasi tetap sangat diperlukan. 

"Instrumen berbeda dari beberapa tahun ke belakang. Sekarang terkonsentrasi menjadi empat komponen, yaitu mutu lulusan, mutu guru, proses pembelajaran, dan manajerial, " Ungkapnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS