×

Iklan

Indeks Berita

Cegah PMK, Eco Enzyme Jadi Alternatif Sterilisasi Kandang dan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Cikampek

1 Jun 2022 | Rabu, Juni 01, 2022 WIB Last Updated 2022-06-01T13:21:10Z
Cairan Eco Enzyme kembali hadir sebagai solusi disinfeksi kandang ternak. Kali ini, demi mencegah virus PMK pada hewan ternak sapi di Karawang, Huma Eco Enzyme bersama Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Cikampek, semprotkan cairan hasil proses buah-buahan tersebut yang di percaya mampu memperbaiki kualitas lingkungan dengan kadar pH dibawah 4.
Foto : Huma Eco Enzyme Hadir Sebagai Alternatif Disinfektan Pencegahan Virus PMK Pada Ternak Sapi di RPH Cikampek


Pengelola Huma Eco Enzyme Karawang Komala Ningsih mengatakan, Cairan eco enzyme memiliki pH di bawah 4, kemudian juga mengandung alkohol dan beraroma asam segar. Tak hanya itu, cairan yang di olahnya di Kecamatan Majalaya ini, juga memiliki senyawa-senyawa fitokimia dan sesuai bahan organiknya. Secara umum ungkapnya, cairan eco enzyme ini bermanfaat dalam bidang pertanian, kesehatan dan kualitas lingkungan. 

Foto : Huma Eco Enzyme Hadir Sebagai Alternatif Disinfektan Pencegahan Virus PMK Pada Ternak Sapi di RPH Cikampek

"Dengan pH dibawah 4 eco enzyme dapat dimungkinkan sebagai alternatif dalam penanganan kasus PMK khususnya dalam hal desinfeksi kandang dimana diketahui virus PMK inaktif pada pH di bawah 5, "Ujarnya, Rabu (1/6/2022)

Sedangkan Eco Enzyme dikatakan bisa memperbaiki kualitas lingkungan sambung Nining, hal ini karena eco enzyme memiliki kandungan alkohol dan asam yang dapat berfungsi sebagai pembersih dan pembunuh kuman serta senyawa fitokimia dari kulit buah yang di ketahui berfungsi sebagai anti mikrobial, sehingga eco enzyme dapat dimanfaatkan sebagai alternatif cairan desinfektan yang ramah lingkungan.

"Untuk itu huma eco enzyme merasa berkeinginan untuk berkontribusi dalam pengendalian PMK di kabupaten karawang dalam bentuk desinfeksi dengan menggunakan eco enzyme yang efektif dan efisien. Apalagi, pengadaan disinfektan pemerintah pencegahan PMK yang terbatas dengan banyaknya kandang di Karawang," Ujarnya.

Foto : Huma Eco Enzyme Hadir Sebagai Alternatif Disinfektan Pencegahan Virus PMK Pada Ternak Sapi di RPH Cikampek

Kepala UPTD RPH Karawang Slamet Yulianto mengapresiasi hadirnya cairan 
Eco Enzyme dari Huma Eco Enzyme Karawang yang menjadi alternatif disinfektan pencegahan virus PMK di Kandang dan RPH. Sebab, selama ini, untuk pembersihan lingkungan dan kandang sejauh ini harus mengandalkan bantuan pemerintah dan juga pembelian dengan biaya yang tak murah. Karenanya, dengan adanya produksi Eco Enzyme ini, bisa memudahkan dan bisa di buat secara mandiri dengan kualitas kandungan pH dan zat asam yang tepat untuk kualitas lingkungan. 


"Alternatif disinfektan kandang dengan eco enzyme ini kami dorong agar bisa di aplikasikan di kandang dan ternak lainnya di Karawang, karena jelas sangat membantu dan berharap, bisa di informasikan ke peternak lainnya, terutama saat endemi PMk ini, sangat terasa kebermanfaatannya, " Ungkap Yulianto.  (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS