×

Iklan

Indeks Berita

Menengok Santriwati Al Muqoddam Batujaya, Juara 1 MFQ di MTQ Jabar Yang Siap Melenggang Nasional

28 Jun 2022 | Selasa, Juni 28, 2022 WIB Last Updated 2022-06-27T18:36:25Z

Foto : Juara MFQ di MTQ Jawa Barat Asal Karawang yang juga Santri Al Muqoddam Batujaya, Mira Nurnadia


Cabang MFQ (Musabaqah Fahmil Qur’an) atau Cerdas Cermat kafilah asal Karawang, sukses sandang peringkat Terbaik 1 di MTQ Ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat, di Sumedang pekan kemarin.
Adalah Mira Nurnadia (16) peserta MFQ peraih poin 1155 pada babak awal dan bertahan pada babak rebutan terpaut 205 poin dengan peringkat kedua dan 275 dengan peringkat ketiga. Atas hasil itu, vabang MFQ Kabupaten Karawang berhasil menyumbang 5 poin untuk Kafilah Kabupaten Karawang.

Santri yang masih duduk di bangku kelas 2 SMK ini, merupakan santriwati asal Tanah Baru Kecamatan Pakisjaya yang mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Terpadu Tahfizh Alquran Almuqoddam, Dusun Krajan II RT 004/002, Desa Telukambulu, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang.

Foto : Juara MFQ di MTQ Jawa Barat Asal Karawang yang juga Santri Al Muqoddam Batujaya, Mira Nurnadia

Selain Hafal 30 Juz Al-Quran, ia sukses  menjadi juara pertama fahmil Qur'an setelah bersaing dengan 32 Kabupaten di Jawa Barat pada perlombaan Musabaqoh Fahmil Qur'an (MFQ)

"Alhamdulillah perasaan saya senang saat menjadi juara pertama di Fahmil Al-Quran, ya tadinya takut juga karena belum tahu Fahmil Al-Quran itu seperti apa," ucap Mira Di Ponpes Terpadu Tahfizh Al-Quran Almuqoddam, Senin, (27/06/2022).

Sementara itu, masih di tempat yang sama, H. Haykal Ridha,ST Pimpinan Pesantren Terpadu Tahfizh Al-Quran Almuqoddam, merasa senang ketika ada santriwati Ponpesnya bisa meraih juara pertama perlombaan Musabaqoh Fahmil Qur'an di tingkat Provinsi.

"Alhamdulillah, ya senang sekali saya berharap semoga ilmunya bisa bermanfaat untuk adik-adiknya, khususnya untuk masyarakat sekitar dan bisa menular semangat belajarnya untuk adik-adiknya dan seluruh yang ada di pondok pesantren almuqoddam khususnya. Ini juga suatu kebanggan yang mudah-mudahan bangga karena pencapaian keilmuan yang bisa dimanfaatkan untuk kemaslahatan," ungkapnya.

Selain itu, Haykal Ridha juga menyampaikan bahwa akan mengikut sertakan kembali Mira Nurnadia di Perlombaan Musabaqoh Fahmil Qur'an Tingkat Nasional Mewakili Provinsi Jawa Barat Di Banjarmasin.

"Sedang menunggu kabar, mudah-mudahan di dua minggu ini dipanggil untuk pembinaan di Jabar, lalu biasanya kalau memang diizinkan nanti mengikuti di bulan oktober MHQ di Banjarmasin," ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa program Pondok Pesantren Terpadu Tahfizh Al-Qur'an Almuqoddam di tingkat SMP fokus menghafal Al-Qur'an dan tingkat Aliyah untuk pendalaman belajar Kitab Kuning.

"Program kami memang ditingkat SMP fokus untuk menghafal alquran jadi belajar umumnya hanya beberapa jam dan belajar kitan setiap harinya, dan selanjutnya tingkat aliyah mudah-mudahan bisa melanjutkan pendalaman kitab kuning dan satu tahun selanjutnya bisa mengabdi untuk mengajar di almuqoddam ataupun di masyarakat sehingga ada pengalaman untuk santrinya," tuturnya.

Total santri Ponpes ini sekitar 120 orang lebih. Pondok Pesantren Terpadu Tahfizh Al-Qur'an Almuqoddam ini memang dipelopori oleh keluarga Mualim Kiyai Haji Saadi Desa Telukambulu, Kecamatan Batujaya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS