Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengunjungi warga pesisir serta meninjau wilayah Desa Sungaibuntu, Pantai Samudera Baru Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang Jawa Barat, Minggu (12/6/2022).


Kegiatan ini dalam rangkaian Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi di hari ke 3. Pada kesempatan tersebut, diserahkan satu unit Perahu Semen yang merupakankarya inovasi prajurit Kodam lll/Siliwangi yang telah mengikuti pelatihan di Workshop Carita Boat Indonesia Tangerang Banten.

Foto : Pangdam III/Siliwangi Saat Kunjungi Warga Pesisir Karawang di Desa Sungaibuntu Kecamatan Pedes

Perahu tersebut sengaja diberikan untuk masyarakat nelayan Desa Sungaibuntu Kec Pedes Kab Karawang. Hal ini disampaikan Kapendam III/Siliwangi di sela - sela mendampingi Pangdam III/Siliwangi seusai menebar bibit ikan nila di tambak masyarakat Desa Sungaibuntu.

Lanjutnya mengatakan bahwa Perahu semen menurut Pangdam, harganya tidak terlalu mahal, dan perahu tersebut sebagai prototipe. Teknologi ini masih bersifat dasar dan masih bisa dikembangkan, dan menjadi dasar pengembangan bagi pembuatan perahu berikutnya.

Saya menitip harapan, barang inimemang tidak seberapa, tapi generasi kita harus maju. Generasi saya seperti ini, tapi mungkin generasi anak-anak kita bisalebih maju. Teknologi ini masih bersifat dasar dan masih bisa dikembangkan, sudah ada beberapa nelayan dari siniuntuk melaksanakan pelatihan membuat perahu dari semen, " ujar Pangdam.

Dalam rangkaian kegiatan tersebutPangdam III/Siliwangi beserta para pejabat utama Kodam melakukan penanaman pohon mangrove, diikuti warga masyarakat sekitar sebanyak 1.200 batang. Selain menanam bibit pohon mangrove, di lokasi Desa Sungaibuntu ditebar10.000 ekor bibit ikan nila, denganmemanfaatkan inovasi biologi Bios-44.



Lebih lanjut Kapendam mengatakan, rangkaian kegiatan penanaman bibit pohon mangrove dan penebaran bibit ikan dalam rangka perbaikan lingkungan hidup dan ekosistem Sungai Buntu sebagai implementasi apa yang telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi pada acara Peresmian Persemaian Rumpin di Bogor. (Rd)