Breaking News
---

Kades Pancakarya : Minta Rujukan dari Puskesmas di Anggap Sulit Ketimbang Klinik

Sejumlah Puskesmas tengah mendorong kepesertaan BPJS Kesehatan untuk di manfaatkan masyarakat fasilitas Kesehatan Tingkat 1 di layanan Puskemas. Namun, hal itu justru menuai persoalan tersendiri dari sejumlah Kepala Desa, lantaran memintai surat rujukan di Puskesmas bagi pasien ke RS Tipe C, dianggap lebih sulit ketimbang Faskes 1 di sejumlah Klinik. 


"Kalau memang mau kepesertaan JKN dan BPJS Faskes 1 nya itu banyak ke Puskesmas, tolonglah untuk melakukan pelayanan optimal, karena kita sering dengar tuh minta surat rujukan dari Puskesmas itu sulit, ketimbang ke faskes Klinik agar pasien bisa dibawa ke Rumah Sakit. Maka, jangan heran kalau kebanyakan masyarakat lebih memilih klinik untuk faskes 1 ketimbang Puskesmas, " Kata Kades Pancakarya H Asep Sugianto SH, Selasa (23/8/2022). 

Menyikapi itu, Kepala Puskesmas Lemahduhur Dartum S.Km mengatakan, pihaknya baru-baru ini undang belasan PSM dari wilayah kerjanya, yang salah satunya untuk mengetahui kepesertaan
Foto : Kepala Puskesmas Tempuran dan Lemahduhur Saat Minggon Kecamatan
BPJs Kesehatan yang memanfaatkan Faskes 1 di Puskesmas dan mendorong masyarakat untuk mendaftar ke BPJS dengan faskes Puskesmas. Sebab, sejauh ini, sebut Dartum ada 15 ribu masyarakat dari Desa Lemahduhur, Lemahmakmur, Dayeuhluhur, Lemahkarya dan Lemahsubur yang memanfaatkan faskes 1 di Puskesmas.
Soal, permohonan rujukan, sebut Dartum, puskesmas tidak bisa asal membuatkan, karena harus menempuh dulu pemeriksaan diagosis non spesialistik dan spesialistik. Misalnya,  penyakit Maag dan sakit mata, tidak bisa serta merta diberikan rujukan ke RS, karena dianggap masih bisa ditangani dokter Puskesmas.

"Kalau salah diagnosa saat asal memberikan rujukan, maka ini beban pertanggungjasaban bagi Puskesmas, karenanya penyakit yang bisa ditangani dokter Puskesmas maka tidak bisa asal membuatkan rujukan, " Katanya.

Senada dikatakan Kepala Puskesmas Tempuran, H Anwar Sanusi, pihaknya menyebut ada sekitar 144 penyakit yang bisa dan cukup di tangani dokter puskesmas. Kalau masyarakat ingin ke rumah sakit dan hendak di rawat inap, di persilahkan untuk datang langsung ke RS tipe C jika dianggap sudah darurat, baru kemudian nanti pihak RS sendiri juga akan mengarahkan pasien/keluarganya untuk membuat surat rujukan dari faskes 1 seperti Puskesmas. 

"Kalau dianggap sangat darurat dan hendak ke Rumah Sakit, tidak masalah kalau  langsung ke RS, baru kemudian pihak RS juga akan memberikan arahan dan memintai surat rujukan dari faskes 1 dibuatkan di layanan saat pasien dalam penanganan rawat inap, " ungkapnya. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan