Hujan deras memicu tanah longsor di Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru, Selasa petang (11/10/2022). Bahkan, akses jalanan ikut amblas akibat curah hujan dan banjir yang menghempas lokasi tersebut.

Foto : Camat Tegalwaru Bersama BPBD Karawang Saat Tinjau Lokasi Jalan Amblas di Mekarbuana


"Banjir di Tegalwaru sifatnya sesaat dalam hitungan jam sudah kembali normal, namun demikian malam tadi sudah kami tinjau bersama kepala BPBD, berharap unsur PUPR untuk meninjau agar segera ada tindakan pemulihan, khususnya akses jalanan yang amblas akibat banjir tersebut. Adapun kerusakannya yaitu sekitar lebar 4 meter panjang amblas 30 meter dan lebar yang amblas 2 meter dengan kedalaman 1 meter, itu merupakan jalan akses ke Denharrahlat Kostrad Mekarbuana. Sehingga, tindakan sementara dilakukan penutupan khusus untuk kendaraan R4, tetapi untuk kendaraan R2 masih bisa dilalui, " Kata Camat Tegalwaru, H Mahpudin, Rabu pagi (12/10/2022).

Kabid Darurat dan Logistik BPBD Karawang Ferry Muharam mengatakan, 
kerugian material akibat banjir dan longsor di Mekarbuana jelas ada. Diantaranya adalah kerugian rusak/amblasnya jalan sepanjang 30 meter dan lebar sekitar 3 meter dengan kedalaman 1 meter. Tak hanya itu, pihaknya juga mencatat, ada 1 buah warung penduduk setempat terkena rembesan air.

"Sejauh ini bantuan yang diberikan bpbd, diantaranya adalah akan meminta rekomendasi perbaikan jalan amblas ke dinas teknis terkait, " Katanya..(rd)