×

Iklan

Indeks Berita

Guyub Lintas Sektor, Upaya Percepatan Penanganan Stunting di Lokus Desa Pulomulya

18 Okt 2022 | Selasa, Oktober 18, 2022 WIB Last Updated 2022-10-18T09:15:35Z

Foto : Lintas Sektor Saat Rembug Stunting di Lokus Desa Pulomulya Kecamatan Lemahabang Wadas
Desa Pulomulya Kecamatan Lemahabang, menyisakan dua orang anak terdata mengalami 'stunting'. Sejumlah pejabat lintas sektor tingkat kecamatan terlibat langsung untuk percepatan penanganan dan penanggulangan stunting di desa yang menjadi lokus pencegahan ini di tahun 2022. 

Kades Pulomulya Ajat Suwandi menuturkan, dari total 7 anak, di desanya menyisakan 2 orang anak lagi yang terdeteksi stunting. Upaya pemerintah desa terus maksimal dengan penggelontoran alokasi anggaran dari dana desa, baik untuk Penambahan Makanan Tambahan (PMT) gizi baik untuk anak sunting dan pencegahan terhadap semua anak di desa, juga dengan percepatan target zero stunting berkolaborasi bareng intansi lainnya untuk memantau perkembangan dan penyuluhan tindak lanjut di desanya yang menjadi lokus. Kolaborasi itu, sebut Ajay, melibatkan Muspika Kecamatan seperti Polsek dan Koramil, juga Puskesmas, Satpel KB Kecamatan, KUA, Seksi Paud Disdikpora, hingga UPTD Pengelolaan Pertanian. 
Foto : Lintas Sektor Saat Rembug Stunting di Lokus Desa Pulomulya Kecamatan Lemahabang Wadas

"Kita bermusyawarah merumuskan tindaklanjut pencegahan khususnya di desa kami. Bukan saja terhadap dua anak yang stunting, tetapi juga bagi semua anak usia 2-6 tahun dan ibu-ibu hamil untuk pencegahannya, " Katanya, Selasa (18/10/2022). 

Kasie Kesos Kecamatan Lemahabang, Alamsyah mengatakan, semua pihak terlibat dalam upaya pencegahan, penanggulangan dan percepatan penanganan stunting di lokus desa Pulomulya, sehingga target dua orang anak di tahun ini menjadi zero dan pencegahan agar tidak ada lagi kejadian serupa di tahun mendatang. Karenanya, semua intansi terlibat didalamnya, bukan saja soal pemberian tambahan makanan dan minuman bergizi, tetapi juga pos-pos anggaran, pembinaan dan tindaklnjutnya secara masif untuk menjadi perhatian semua masyarakat Pulomulya. 

"Semua berperan penting untuk pencegahan dan penanggulangannya, karena stunting ini menjadi prioritas kebijakan yang di target zero di Karawang, " Pungkasnya.  

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Camat Lemahabang Arta SH, Kasie Paud Disdikpora, Kepala Satpel KB Kecamatan, Kepala Puskesmas, KUA dan Kepala UPTD Pengelolaan Pertanian setempat. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS