×

Iklan

Indeks Berita

Kades Sukajaya Komitmen Tuntaskan Infrastruktur Jalan Setapak dan Jalan Pertanian

5 Okt 2022 | Rabu, Oktober 05, 2022 WIB Last Updated 2022-10-05T09:08:37Z
Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon dapati alokasi anggaran dari program desa dengan kategori "Kemiskinan Ekstrim" tahun 2022. Program Karya Bhakti yang di garap lewat pengawasan prajurit TNI itu, sudah berwujud fisik, mulai pengadaan sarana MCK, Sarana Air bersih 3 unit, jalan usaha tani sampai rumah layak huni (rulahu) 3 titik. 
Foto : Kegiatan Musrenbang Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Rabu (5/10/2022)


Namun demikian, jalan usaha tani dan jalan setapak di tengah keterbatasan anggaran, masih 60 persen menjadi PR besar program pemerintah desa Sukajaya di tahun anggaran 2023 mendatang, hal itu terungkap di sela-sela pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa Sukajaya yang di gelar bersama BPD, LPM dan sejumlah tokoh masyarakat di Aula Kantor Desa, Rabu (5/10/2022).

Foto : Kegiatan Musrenbang Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Rabu (5/10/2022)

"Memang ada alokasi tahun ini dari program desa kemiskinan ekstrim, Alhamdulillah beberapa sudah terealisasi. Tapi, kita terus konsen ajuan di tahun-tahun berikutnya itu adalah pemerataan pembangunan fisik jalan usaha tani dan jalan setapak yang masih banyak perlu sentuhan infrastruktur sekitar 60 persen lagi. Sebab, sepanjang masa pemerintahan desa, kami komitmen berupaya menuntaskannya, "Kata Kades Sukajaya, Duladi Eka Saputra.

Duladi menambahkan, Musrenbangdes saat ini, merupakan wahana semua pihak untuk bermusyawarah menentukan ajuan fisik dan non fisik untuk tahun anggaran 2023 mendatang. Selain infrastruktur, konsep pembangunan ekonomi, pemberdayaan dan sosial berhak untuk di ajukan bersama. Namun demikian, di tengah keterbatasan anggaran yang masuk ke desa, pihaknya juga menaruh harapan besar pada alokasi dana aspirasi DPRD untuk turut serta membantu cover pembangunan di desa pesisir Karawang ini.

"Masih banyak sih, akses jalan di Dusun Kendal maupun Sambirata juga perlu banyak sentuhan. Kita akan dorong di alokasi Dana Desa tahun depan, termasuk fisik lainnya yang di akomodir lewat aspirasi DPRD Karawang, " Katanya.

Pihaknya, sebut Duladi menghaturkan terimakasih kepada BPD dan segenap perangkat desa yang sudah hadir dalam giat Musrenbang ini. Besar harapan, agar Pemkab Karawang kedepan, bisa melakukan pemerataan pembangunan di setiap desa, utamanya yang sudah masuk dalam hasil berita acara Musrenbang desa ini. 

"Kita berharap, Musrenbang ini jadi penguat acuan pemkab dalam merealisasikan pembangunan yang merata di tahun 2023, utamanya yang reguler Dinas PUPR dan PRKP, apalagi yang belum bisa tercover oleh dana transfer desa, " Harapnya. 
Hadir dalam kesempatan Musrenbang Desa Sukajaya tersebut, unsur BPD, LPM, PKK, Perangkat Desa dan Unsur Muspika Kecamatan Cilamaya Kulon. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS