Foto ; H Unang Sunandang Siap Kembali Manggung di Pileg 2024.

Mantan Anggota DPRD Karawang asal Desa Kiara Kecamatan Cilamaya Kulon, H Unang Sunandang SE, kembali bakal ramaikan bursa bakal calon legislatif Daerah Pemilihan (Dapil) IV Karawang yang meliputi Kecamatan Cilamaya Kulon, Cilamaya Wetan, Lemahabang, Tempuran dan Telagasari di tahun 2024 mendatang. Namun, figur keluarga besar petani ini, tidak lagi nyaleg lewat Partai Bintang Reformasi (PBR) maupun Partai Amanat Nasional (PAN) yang sudah membesarkan namanya di parlemen dua priode lalu (2009-2019). Pasalnya, Unang bakal mencoba peruntungan kursi DPRD pada tahun 2024 mendatang ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Kenapa saya maju lagi, karena saya memiliki hutang kepada relawan dan konstituen saya dulu untuk melanjutkan pembangunan. Disamping masih kuatnya dorongan para tokoh dan masyarakat basisnya agar dirinya kembali maju dalam Pileg 2024 mendatang, " Kata Unang di temui Pelitakarawang.com, Rabu (19/10/2022).

Dirinya sebut Unang, memiliki target 15 ribu suara di Dapil IV untuk aman mendapati kursi DPRD Karawang. Sebab, biar bagaimanapun juga, PPP harus kembali hadir memiliki tempat dan kursi di masyarakat Dapil IV seperti yang pernah ada di tahun 2004 dan 2009 lalu. Karenanya, ia tidak terlalu risaukan kompetitor kanan dan kirinya saat nyaleg nanti, yang jelas sebut Unang dirinya akan fokus terhadap target suara dan pemenangan bagi Partai dan pencalonan dirinya. 

"Kembali ke Kakbah ya, dulu sempat ada dua DPRD dari PPP di dapil IV itu. Berangkat dari sejarah itu, mudah-mudahan di tahun 2024 bisa terwujud lagi, " Kata Mantan Sekretaris Komisi B DPRD Karawang 2014-2019 ini.

Konstelasi politik di dapil IV, diakui Unang memang bukan perkara mudah, namun demikian, dirinya memiliki strategi dan perencanaan untuk memetakan pemenangan PPP di Dapil IV, sekurang-kurangnya bisa di posisi 4 dan atau 5 tertinggi suaranya. 

"Kalau saya di partai besar, memang jauh lebih berat karena akan bersaing dengan incumben yang mayoritas juga rekan saya. Tapi, ketika saya berada di Partai menengah bawah, ini menjadi pemacu suara murni untuk berkompetisi lebih sehat dan semangat. Doakan saja, mulai sekarang saya sudah kembali gerak dan turun ke masyarakat," Pungkasnya. (Rd)