Kepengurusan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kabupaten Karawang Periode 2022-2025 resmi dikukuhkan pada Rabu, 26 Oktober 2022 kemarin di Aula Rapat SMK Negeri I Karawang, Jalan Raya Pangkal Perjuangan, Kelurahan Tanjungpura, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.


Foto : Ilustrasi

Ketua MKKs Karawang Endang Rohmat mengatakan bahwa langkah yang segera diambil setelah pengukuhan ini yakni menyusun program kerja dan mengaktifkan kembali perlombaan -perlombaan antar sekolah. Tak lupa ia juga mengucapkan rasa terima kasih dan bahagianya, atas kepercayaan yang diberikan para kepala sekolah menengah kejuruan (SMK) yang telah secara aklamasi menunjuk dirinya menjadi Ketua MKKS SMK periode 2022-2025.

"Saya sangat berbahagia karena dipilih rekan- rekan secara aklamasi, dan didukung para pengurus yang solid dan kompak," ucapnya.

Ia berharap, dibawah kepemimpinannya MKKS SMK dapat semakin maju dan lebih baik lagi.

"mudah -mudahan kepengurusan kami akan membawa SMK menjadi lebih maju dan inovatif. Lebih bersinergi dengan instansi pemerintahan juga dengan perusahaan - perusahaan," harap Endang Rohmat.

"Saya juga ingin kembali mengaktifkan perlombaan- perlombaan antar sekolah setiap tahunnya, agar siswa dan siswi memiliki kegiatan positif, kita tidak ada lagi yang tawuran," ungkapnya lagi.

Mengapa demikian, lanjut Endang Rohmat, karena lewat lomba sedikit bisa menghilangkan tawuran antar pelajar kedepan, sebab masalah tawuran ini jadi concern pekerjaan rumah utama bagi kepengurusannya dan perlu didukung oleh pihak sekolah.

"Pekerjaan Rumah (PR) utama kami adalah masalah narkoba dan tawuran, untuk kedepannya harus nol," tegasnya.

Jika ada tawuran, sebutnya, kita sebagai pihak sekolah harus terbuka, kalau memang harus dikurung, ya biarkan saja jangan dihalang- halangi sebagai bentuk efek jera, sanksi tegas, siswa terlibat tawuran langsung keluarkan, tandas Endang Rohmat lagi.

"kita bersinergi dengan Kelurahan dan desa dengan mengunjungi sekolah-sekolah, memberikan pengarahan dan pembinaan," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Karawang Nandang Mulyana mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Kepengurusan MKKS SMK Kabupaten Karawang periode 2022-2025.

"Pengurus PGRI Kabupaten Karawang mengucapkan selamat atas terpilihnya Endang Rohmat sebagai Ketua MKKS SMK periode 2022- 2025," ucap Nandang Mulyana dalam sambutannya.

Dikatakan Nandang, Tantangan kedepan itu semakin berat, guru- guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diharapkan harus dapat lebih meningkatkan kompetisinya. Sehingga, guru- guru SMK harus dapat lebih meningkatkan kompetensinya. Begitupun putra -putri alumni SMK yang harus nge-link, dengan dunia Industri di Kabupaten Karawang, "link and match".

"Kami berharap alumni SMK jangan bercita cita hanya menjadi pekerja, tetapi bisa mempekerjakan. Sehingga bisa menjadi pengusaha yang mampu menyerap tenaga kerja," pungkasnya. (Rd)