Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, bakal menambah area parkir pesawat selama penyelenggaraan acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung pada periode 12-18 November 2022 di Bali.

Foto : Presiden Jokowi

“Fasilitas pendukung berupa parking stand ini khususnya untuk pesawat berbadan sempit (narrow body),” kata Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor Budhi Rano Sulistyo di Banjarbaru, Selasa (8/11).

Ia mengemukakan, alokasi tiga tempat parkir untuk pesawat itu dilakukan tepatnya di area sebelah timur apron bandara sesuai dengan kebutuhan. Budhi menyebut pesawat berbadan sempit cukup banyak digunakan untuk penerbangan dengan jarak dekat hingga menengah, baik penerbangan domestik maupun internasional.

Jokowi Sebut 17 Kepala Negara Akan Ikuti KTT G20 di Bali

Untuk itulah, lanjutnya, maka selama KTT G20 diperkirakan sebagian dari para delegasi menggunakan pesawat jenis berbadan sempit. Selain menyiapkan fasilitas parkir untuk pesawat, pihak bandara juga secara aktif berkoordinasi dengan pemangku kepentingan selama pelaksanaan gelaran KTT G20.

“Kami juga memastikan kesiapan para personel kami di lapangan untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna jasa dalam momentum spesial ini,” ucap Budhi dikutip dari Antara.

Menyambut gelaran KTT G20, Manajemen Angkasa Pura I mendukung penuh agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, khususnya melalui fasilitas di bandar udara.

Jelang KTT G20, Pertumbuhan Ekonomi Bali Lampaui Nasional

Presiden Jokowi

Diketahui Bandara Internasional Syamsudin Noor menjadi satu dari delapan bandara pendukung KTT G20 yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I. Selain bandara di Kalsel ada Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Hasanuddin Makassar, Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo, Bandara Ahmad Yani Semarang, dan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.(**)