Foto : Sejumlah Pegadang Pasar Rengasdengklok Menolak Relokasi nyaris bentrok dengan Aparat
Situasi di Pasar Rengasdengklok Kabupaten Karawang dikabarkan mencekam pada Rabu (30/11/22) siang.

Ratusan pedagang didampingi massa LSM GMBI nyaris bentrok dengan aparat yang akan merelokasi pedagang ke Pasar Proklamasi.

Informasi yang berhasil dihimpun hingga pukul 11.53 WIB, massa masih berkumpul di lokasi pasar untuk menolak proses relokasi.

Foto : Sejumlah Pegadang Pasar Rengasdengklok Menolak Relokasi nyaris bentrok dengan Aparat

Atin perwakilan LSM GMBI Karawang bagian investigasi mengatakan, pihaknya yang mendapat kuasa dari pedagang meminta pemerintah untuk menunda proses relokasi.

Pasalnya, kata Atin, saat ini para pedagang sedang berupaya menempuh jalur hukum dengan melakukan gugatan di Pengadilan Negeri Karawang.

Sejumlah aparat kepolisian, TNI dan Satpol PP saat ini masih berjaga di lokasi. Para pedagang juga terlihat menyalakan petasan sebagai bentuk penolakan dan meminta aparat mundur agar tidak jadi merelokasi.

Sebelumnya, Sekda Karawang, Acep Jamhuri mengakui masih ada pihak-pihak yang tak sepakat. Namun ia menegaskan proses relokasi akan tetap dilaksanakan.

“Bagi yang belum setuju ya supaya berbenah, karena itu tanah milik Pemkab dan akan dimanfaatkan untuk kepentingan Pemda. Kami mengucapkan terima kasih kepada pedagang yang sudah mulai pindah ke pasar baru,” ucapnya usai rapat bersama OPD terkait relokasi. (Rd)