×

Iklan

Indeks Berita

Ratusan Perahu di Hias, Meriahkan Puncak Pesta Laut Ciparagejaya

27 Nov 2022 | Minggu, November 27, 2022 WIB Last Updated 2022-11-27T13:26:07Z
Ratusan perahu nelayan, di hias selama sepekan terakhir dengan media buah-buahan hasil tanah, Snack hingga hiasan lainnya. Satu persatu nelayan, menyambut ungkapan syukur lewat pagelaran pesata laut yang puncaknya terselenggara Jumat pagi (25/11/2022) di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ciparagejaya Kecamatan Tempuran.
Foto : Kegiatan Pesara Laut di TPI Ciparagejaya Kecamatan Tempuran


Sebelum di melarung kepala kerbau dan sesajen ke pusat laut, masyarakat setempat terlebih dahulu mengarak kelilik kampung dengan iringan marching band untuk kemudian menunggu aba-aba dari Pagelaran Wayang Kulit Ki Dalang Udama hingga akhirnya replika perahu, sesajen dan kepala kerbau di angkut ke kapal utama untuk di Larung.
Tak ayal, lautan Ciparagejaya di himpit ratusan perahu nelayan yang mengiringi sesajen tersebut ke pusar lautan untuk berharap berkah sekitar pukul 08.00 Wib pagi. Nampak turut serta dalam giat Larung tersebut, Satpol Air Polres Karawang, Kades Ciparagejaya yang juga Ketua Koperasi Produksi Perikanan Laut (KPPL) Samudera Mulya H Kabun bersama Manager TPI dan para tokoh agama, tokoh adat dan nelayan.

"Alhamdulillah, semuanya diberikan kelancaran acara. Nadran laut yang terselenggara selama 7 hari ini, adalah salah satu ungkapan syukuran nelayan kepada Allah SWT atas hasil laut yang melimpah dan jadi sumber penghidupan bagi para nelayan, serta berharap keberkahan atas hasil laut kedepannya, " Kata Kades Ciparagejaya, H Kabun.

Foto : Kegiatan Pesara Laut di TPI Ciparagejaya Kecamatan Tempuran


Camat Tempuran, Komarudin MM saat hadiri rangkapan nadran ciparagejaya mengapresiasi semua rangkaian kegiatan, mukai dari taushiyah agama/pengajian, turnamen, pagelaran wayang kulit hingga Larung laut tahun 2022 ini. Nadran laut adalah wujud syukuran para nelayan, sehingga lewat kegiatan ini, semakin berkah hasil lautnya, semakin sejahtera perekonomiannya dan semakin produktif usahanya.

"Semoga, dengan rangkaian kegiatan ini, nelayan di Ciparage khususnya semakin sejahtera, maju dan berkah hasil lautnya, " Pungkas Camat. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS