Karyawan PT Sumi Rubber Indonesia SRI atau Dunlop, kembali hijaukan lahan gundul di pesisir pantai Tanjung baru Desa Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Senin (26/12/2022). 
Foto : Karyawan PT Sumi Rubbee Indonesia bersama Siswa SMK Trimitra Cikampek tanam 2.500 bibit mangrove di Pantai Tanjungbaru

Dengan menggandeng puluhan siswa SMK Tri Mitra Cikampek, para Karyawan PT SRI dari kawasan industri BIIC itu, tanam sedikitnya 2.500 bibit pohon mangrove yang merupakan program lanjutan setiap tahunnya di pantai Utara Karawang tersebut. 


Mewakili para karyawan dan Direksi PT Sumi Rubber Indonesia (SRI), Zuhendri mengatakan, tanaman mangrove adalah jenis tanaman yang dipercaya mampu mencegah meluasnya abrasi laut, menyelamatkan biota alam di dalamnya, bahkan mampu menyerap karbon, termasuk karbon netral. Bahkan, di tengah tantangan teknologi yang serba cepat, pihak PT SRI berkomitmen terus kurangi karbon 50 persen hingga 2030 mendatang.

"Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan, dimana programnya selalu berkelanjutan setiap tahunnya bersama para siswa SMK Tri Mitra Cikampek, " Katanya.
Foto : Karyawan PT Sumi Rubbee Indonesia bersama Siswa SMK Trimitra Cikampek tanam 2.500 bibit mangrove di Pantai Tanjungbaru

Sementara itu, Guru SMK Trimitra Cikampek Rendy mengatakan, pihak sekolah menghaturkan terimakasih kepada  PT SRI yang terus konsisten gandeng SMK untuk berikan edukasi lingkungan, utamanya dalam program penanaman mangrove ini. Di sekolah sendiri, sebut Rendy, ada kurikulum merdeka belajar, yang diantaranya adalah penerapan project profil pelajar Pancasila (P5), dimana sebagai edukasi yang di aplikasikan, diantaranya bisa lewat peduli lingkungan dan terjun lapangan, apalagi penanaman pohon mangrove ini, merupakan konsep dari P5 itu sendiri yang akan mampu di rasakan beberapa tahun kedepan oleh masyarakat pesisir Karawang. 

"Kami haturkan terimakasih atas kemitraan bersama SMK kami, utamanya bersama para siswa untuk mengedukasi lingkungan lewat program CSR penanaman mangrove di lepas pantai Tanjung Baru ini, " Ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tanam bibit mangrove PT SRI tersebut, Dedi Jantika, Penyuluh Kehutanan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, penyelia tanaman mangrove dan sejumlah perwakilan karyawan PT SRI. (Rd)