Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarsipperpus) melakukan upaya dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

Kepala Disarsipperpus Kabupaten Karawang, Yasin Nasrudin mengungkapkan, berdasarkan data yang dimiliknya, minat baca di Karawang masih tergolong sedang yakni di angka 43 persen.

Untuk itu, pihaknya terus menghadirkan fasilitas untuk mempermudah masyarakat Kabupaten Karawang dalam membaca buku.

"Minat baca di Karawang masih rendah, maka kami terus hadirkan lakukan upaya dengan mempermudah masyarakat dalam mengakses buku bacaan," katanya.

Upaya itu, kata dia, mulai dari dihadirkannya tempat pojok baca di sejumlah lokasi pelayanan publik maupun di lingkungan masyarakat. Hingga dihadirkannya
Mobil baca Karawang
juga perpustakaan digital.

"Upaya kita mulai memperbanyak pojok baca di sejumlah lokasi. Sekarang setiap kantor pelayanan publik selalu ada pojok baca tersedia. Juga kami hadirkan perpustakaan digital," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menghadirkan perpusatakaan keliling menggunakan mobil. "Kemarin kami dapat bantuan mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional berkat upaya dorongan Komisi X DPR RI," ujar dia.

Ke depan, pihaknya juga akan membangun gedung perpustakaan representatif di Kabupaten Karawang. Perpustakaan tersebut nantinya akan berdiri di atas lahan seluas 5.000 meter.

"Buku ini jendela dunia, dapat membuka wawasan dan menambah ilmu pengetahuan bagi masyarakat," ungkapnya. (Jn)