Sedikitnya 36 Desa di Kabupaten Karawang naik status menjadi Desa Mandiri. Kategori capaian paripurna ini di sematkan, karena dianggap sukses memenuhi indikator Kementrian Keuangan (Kemenkeu), utamanya peran serta kontribusinya dalam capaian Indeks Desa Membangun (IDM). 
Foto : Kades Pancakarya Saat Menerima Penghargaan Sebagai Desa Mandiri


Lalu, selain penghargaan berupa piagam, apa yang di dapati pemerintah desa dengan status Mandiri ? 
Apakah mendapati program khusus dengan penambahan anggaran dana transfer pemerintah, atau mendapati reward seperti umroh dan uang pembinaan ? 

Kata Kades Pancakarya Kecamatan Tempuran, Asep Sugianto, Selasa (31/1/2023), dirinya dan semua masyarakat senang dengan predikat status desa mandiri, karena jauh dari anggapan desa tertinggal maupun baru berkembang. Ini, tentu saja hasil dari rangkaian kebijakan dan program sejak kades dan pemerintahan desa sebelumnya yang sudah sukses secara bertahap meningkatkan IDM dengan segudang data dan indikatornya. Namun demikian, penghargaan ini, masih berbanding terbalik dengan 'pengkhususan' sebagai desa yang istimewa, karena sebut Asep, selain piagam penghargaan, sejauh ini belum ada tanda-tanda bahwa desa mandiri bisa mendapati program secara khusus seperti penambahan volume dana desa, dan dana transfer lainnya maupun hadiah berupa pembangunan infrastruktur. 

"Desa mandiri, malah berkurang saya mah Dana Desanya juga yang tahun ini. Gak tahu setelah dapat piagam sudah saja, atau ada reward lain. Atau piagam saja, ? " tanyanya.


Pendamping Desa Cilamaya Kulon, Mahrus Ali mengatakan, desa dikategorikan sebagai desa dengan status tertinggal, berkembang, maju dan mandiri. Setiap naik status, sebutnya, penilaiannya bukan dari aspek wacana, tapi harus sesuai dengan pemenuhan indikator IDM, seperti status Pendidikan, Kesehatan, SDM, sosial hingga status ekonomi pemerintah desa dan masyarakatnya. 

"Sekarang ini, potensi jadi Maju dan mandiri, di arahkan untuk ketahanan pangan dan ekonomi, maka status ini adalah sebuah pengakuan dari pemerintah, " Ujarnya. 

Kabid PMD DPMD Karawang Andry Irawan Saat di konfirmasi, sampai berita ini ditulis yang bersangkutan belum memberikan balasan. (Rd)