Muda dan kreatif, sifat itu yang melekat bagi Muhammad Nijar. Pemuda yang menyandang status Sekretaris Desa di Karangtanjung Kecamatan Lemahabang itu, Nyambi jadi wirausahawan rintisan kecil-kecilan dengan memproduksi minuman sehat, susu keju dan susu teh varian rasa dalam kemasan. 
Produk yang di namai 'Haura' itu, di racik dibawah kendali perusahaannya langsung PT Haura Berhikari Nusantara yang saat ini berlokasi di Kecamatan Purwasari.
Meskipun baru mampu menghasilkan produksi sekitar 3.000 botol ukuran 60 Mili, susu kejunya yang expayer dalam tempo waktu sepekan itu, sudah memiliki legalitas NIB maupun sertifikasi halal Kementrian Agama (Kemenag) dan menyusul izin BPOM . 
Foto : Muhammad Nijar, Sekdes Karangtanjung Merintis Wirausaha Produksi Susu Keju

"Alhamdulillah legalitas sudah bertahap diterima, menyusul BPOM. Tapi, pemasarannya baru lokal di Karawang saja, bahkan ada satu BUMDES yang juga siap memasarkan produksi UMKM ini. Sampingan saja sih, tanpa ganggu kerja harian sebagai Sekretaris Desa, " Kata Nijar kepada Pelitakarawang.com, Senin (30/1/2023).

Ia menambahkan, susu keju memiliki beragam varian rasa, baik jeruk, strabery, anggur dan lainnya yang di kemas dalam botol yang ia pasok dari Bekasi. Dengan tekstur lembut dan manis, susu Haura ini bisa dikonsumsi semua kalangan. Dengan harga Rp5000 - Rp7000 perbotol, konsumen sudah bisa merasakan sensasi susu manis, segar dan menyehatkan.

"Sejauh ini, kita terus menjadi binaan dan koordinasi bersama Dinas Koperasi dan UMKM Karawang, Disperindag dan Dinas Kesehatan. Kelemahannya, ya paling di Modal dan akses pemasaran, semoga kedepan bisa terus berkembang, " Katanya.

Kasie PMD Kecamatan Lemahabang, Dudi mengapresiasi inovasi sekretaris desa Karangtanjung yang sudah sukses merintis usaha. Pihaknya, terus mendorong agar pengembangan usaha berlanjut dengan kerjasama lintas OPD, seperti Dinas Koperasi dan UMKM, Disperindag maupun Dinkes. Sehingga, selain jaminan kulitas produk susu yang menarik minat konsumen, akses bantuan alat, permodalan hingga pemasaran berpeluang terbuka.
Foto : Muhammad Nijar, Sekdes Karangtanjung Merintis Wirausaha Produksi Susu Keju

"Kita dorong produk susu ini mejeng di kantor Kecamatan dan selalu hadir dengan Stan diberbagai even pemerintahan dan swasta, insha Allah kita dukung dan memfasilitasi akses-akses pengembangannya, " Pungkas Dudi. (Rd)