Ratusan siswa SD se Kecamatan Cilamaya Kulon, akan memulai rangkaian gebyar lomba yang di gawangi Bapopsi dan Koorwilcambidik pada 4 Februari 2023 mendatang. Lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Nasional (FLSN) dan Lomba Festival Tunas Bahasa Indung (FTBI) itu, akan start di SDN Langgensari 2 dan SDN Sukamulya 1 dengan cabang lomba Akademik seperti Baca Tulis Berhitung (Calistung) kelas 1,2 dan 3, lomba matematika, IPA dan siswa berprestasi.

Foto : Koorwilcambidik dan Plt Ketua Bapopsi Cilamaya Kulon Siap Gawangi Gebyar Siswa Tingkat Kecamatan

Sementara tiga cabang lainnya (O2SN, FLSN dan FTBI_red) di padukan bersama pembukaan gebyar pada 7-8 Februari di SDN Manggungjaya 1. 


Plt Ketua Bapopsi Kecamatan Cilamaya Kulon, Yayan Sugiyanto S.pd mengatakan, pihaknya sudah mengggelar rapat bersama para pengurus, koorwilcambidik dan Kepsek SD terkait agenda pagelaran gebyar ini. Baik persiapan teknis maupun rundown kegiatan yang akan di ikuti para siswa urusan SD se Kecamatan Cilamaya Kulon. Wal hasil, di tengah keterbatasan anggaran sekalipun, semua pihak mensupport penuh konsep acara, jadwal pelaksanaan dan kekompakan dalam hal teknis kepanitian hingga tenaga untuk mensukseskan acara gebyar ini. 
Sebab, berbagai macam cabang lomba ini, selain menyeleksi bibit atlet dan peserta terbaik yang akan menjadi wakil ke tingkat kabupaten, sebut Yayan, juga untuk mempertahankan bahkan menambah gelar juara yang pernah di raih di tingkat kabupaten di tahun sebelumnya. 

"Tahun kemarin siswa wakil Cilamaya Kulon sukses juara 2 tenis meja, kemudian juara 1 olahraga tradisional seperti hadang, juara 1 egrang, juara 1 tarompah dan juara 3 dagongan. Ini akan kita upayakan bertahan, bahkan menargetkan menambah gelar juara di tingkat kabupaten tahun ini, makannya kita serius dan kompak mematangkan gebyar lomba siswa tingkat kecamatan ini untuk mendeteksinya, " Katanya, Selasa (31/1/2023).

Mengawali kegiatan, sebut Yayan, pihaknya terlebih dahulu memulai lomba cabang akademik seperti calistung kelas 1,2 dan 3 di SDN Langgensari 2 dan lomba matematika, IPA dan siswa berprestasi di SDN Sukamulya 1 pada 4 Februari. Kemudian, di lanjut pembukaan gebyar pada 02SN, FLSN, FTBI dan Oltrad pada 7 Februari di SDN Manggungjaya 1 dan di buka langsung Camat Cilamaya Kulon, Dudi Alexandri bersama Koorwilcambidik Cilamaya Kulon, Popon Epon S.pd. 

"Kita siapkan piagam dan trophy bagi para siswa yang sukses raih gelar juara 1, 2 dan 3, semoga semua rangkaian acara berjalan lancar dan mendapat dukungan semua pihak, " Harapnya.

Sementara Koorwilcambidik Cilamaya Kulon, Popon Epon mengatakan, gebyar ini adalah proses bagi sekolah dan siswa melahirkan siswa/i berprestasi tingkat kecamatan untuk kemudian menjadi wakil di tingkat kabupaten. Bahkan, para juara yang mendapati piagam dan gelar juara, mendapat poin tersendiri jalur prestasi saat seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP bagi siswa. Dirinya sebut Popon, mengaku bangga, sebab, meskipun sekolah di perkampungan, namun prestasi yang di raih di tingkat kabupaten sebelumnya, cukup membanggakan, sehingga kedepan hasil gebyar ini di harapkan bisa menambah koleksi juara lebih banyak lagi dari Cilamaya Kulon di tingkat Kabupaten. 

"Kita harapkan semuanya sinergi mensukseskan acara gebyar O2SN, FLSN dan FTBI ini dan berharap lahir juara berikutnya yang membawa harum Cilamaya Kulon, " ungkapnya. (Rd)