Dihadiri Kabid Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Karawang Drs Solehudin MM dan Camat Cilamaya Wetan Basuki Rachmat, Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Desa Tegalwaru Kecamatan Cilamaya Wetan resmi beroperasi pelayannya, Senin (30/1/2023). Puskesos yang di namai Usaha Lahiriyah Anak Desa Olah Organisasi Terpadu (Uladot) itu, di deklarasikan dan di resmikan lewat pemotongan tumpeng dan penandatangan prasasti yang juga di saksikan Ketua TKSK, Kepala UPTD Puskesmas Cilamaya, Polsek, Anggota Koramil Cilamaya Wetan dan PSM Setempat.

Foto : Peresmian dan Deklarasi Puskesos Uladot Desa Tegalwaru Kecamatan Cilamaya Wetan


Kades Tegalwaru, Hj Euis Herawati mengatakan, deklarasi dan peresmian puskesos ini merupakan upaya  dan komitmen pemerintah desanya mendukung program-program pemerintah untuk memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat, sebab Puskesos ini merupakan amanah dari Perbup Nomor 56 Tahun 2022 tentang Pusat Kesejahteraan Sosial yang harus hadir di desa-desa. 
Tentunya, sebut Euis, Puskesos Uladot ini, tidak bisa berjalan, karena di perlukan dukungan dari Muspika Kecamatan Cilamaya Wetan, Pemerintah Daerah, utamanya para relawan sosial di lapangan. 

"Kami berharap kedepan, dalam perjalanannya Puskesos yang sudah di launchingkan ini bisa menyelenggarakan layanan bagi masyarakat kurang mampu dan di perkuat semua pihak, sehingga bermanfaat untuk masyarakat Tegalwaru khususnya, " Katanya. 

Lebih jauh Euis menambahkan, fungsi Puskesos adalah sebagai lembaga pelayanan sosial bagi masyarakat tidak mampu. Memberikan jaminan pelayanan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu. Karenanya, ia berharap, ke depannya ada anggaran khusus dari Kabupaten untuk operasional Puskesos ini.

"Dalam perjalanannya tentu, Puskesos ini bisa di dukung pengadaan operasionalnya dari Kabupaten sehingga semakin optimal melayani masyarakat, " Harapnya.
Foto : Peresmian dan Deklarasi Puskesos Uladot Desa Tegalwaru Kecamatan Cilamaya Wetan

Kasie Kesos Kecamatan Cilamaya Wetan, Eeng Haerudin mengatakan, dengan di launchingkan deklarasi dan peresmian Puskesos Uladot ini, semoga 
menjadi contoh replikasi penyelenggaraan puskesos untuk desa lainnya di Cilamaya Wetan khususnya. Ia berharap, Puskesos yang telah berdiri agar segera melaksanakan operasional pelayanan kepada masyarakat dalam hal penanganan permasalahan kesejahteraan sosial.

"Deklarasi ini bisa menjadi replikasi bagi desa lainnya, bagi yang sudah terbentuk kita berharap keberadaan Puskesos ini jadi jawaban atas penanganan masalah kesejahteraan sosial, khususnya di desa-desa, " Ujarnya. 

Camat Cilamaya Wetan, Basuki Rachmat mengapresiasi komitmen pemerintah desa Tegalwaru atas keberadaan Puskesos yang bisa jadi percontohan. Deklarasi dan Peresmian adalah langkah awal, bagaimana para pekerja sosialnya yaitu PSM bersama pemerintah desa, bisa lebih representatif dan semangat memberikan pelayanan bagi masyarakat, khususnya penanganan permasahan kesejahteraan sosial.

"Semoga sekretariat Puskesosnya selalu optimal melayani dan mampu menjawab setiap permasalahan sosial masyarakat Tegalwaru, " Pungkasnya. 

Hadir dalam kegiatan deklarasi dan peremsian puskesos Uladot tersebut, managemen RS Izza Cikampek yang ikut menyemarakan layanan medis bagi lansia dan pemeriksaan kesehatan gratis hingga pemberian alat bantu bagi penyandang disabilitas. (Rd)