Arab Saudi semakin gencar melakukan ragam perencanaan kota masa depannya. Terbaru, mereka akan membangun gedung sepanjang 400 meter berbentuk kubus menyerupai Ka'bah.

Foto ilustrasi

Diberitakan Middle East Eye, Selasa (21/2/2023) Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman meluncurkan proyek yang dinamakan 'The Mukaab' pada Kamis (16/2). Pangeran MBS mengatakan dia sekaligus akan memimpin perusahaan pengembang proyek ini, yakni The New Murabba Development Company, perusahaan yang bertujuan mengembangkan kota modern Riyadh.

Proyek ini juga akan menghadirkan museum, universitas teknologi dan desain, teater imersif, dan lebih dari 80 tempat hiburan. Di tengahnya akan ada 'The Mukaab' yang diterjemahkan menjadi kubus.

Dalam video promosinya, The Mukaab disebutkan mampu menampung 20 gedung Empire State karena saking besar dan luasnya. Nantinya, bangunan itu sebagai pusat baru untuk ibu kota Saudi Arabia.

"Sebuah pintu gerbang ke dunia lain: #TheMukaab akan menjadi tujuan pengalaman imersif pertama di dunia. Cukup besar untuk menampung 20 Gedung Empire State, ikon global ini akan menampilkan teknologi inovatif untuk membawa Anda ke dunia baru." tulis Public Investment Fund di Twitter.

Jadi, bentuk bangunan ini kubus raksasa dengan panjang, lebar dan tingginya 400 meter. Bangunan berbentuk kubus juga akan ditutup dengan fasad atau muka bangunan yang berbentuk segitiga tumpang tindih. Gedung ini terinspirasi gaya arsitektur di wilayah Najd.

Ancang-ancangnya, Mukaab akan menjadi tujuan imersif dan pengalaman pertama di dunia, lengkap dengan teknologi digital dan virtual dengan holografi terbaru. Ditargetkan pembangunan ini selesai pada tahun 2030.

Proyek ini akan berlokasi di barat laut Riyadh di area seluas 19 kilometer persegi di persimpangan jalan Raja Salman dan Raja Khalid. Ini akan mencakup 104.000 unit hunian, 9.000 kamar hotel, lebih dari 980.000 meter persegi ruang ritel dan lainnya.

Bila diperhatikan, bangunan ini mirip dengan Ka'bah namun berukuran lebih besar berkali-lipat. Jika terealisasikan dengan baik, The Mukaab akan menjadi bangunan tertinggi di Kota Riyadh nantinya, seperti dilansir detik (22/2/23).

Nilai proyek ini tentu sangat fantastis namun tidak disebutkan rinciannya berapa. Proyek ini diprediksi akan menambah 180 miliar riyal (US$48 miliar) atau setara Rp 724,8 triliun (kurs Rp 15.100) ke ekonomi Arab Saudi dan menciptakan lapangan pekerjaan 334 ribu langsung dan tidak langsung.(*)