Hujan di intensitas tinggi terus mengguyur rata di sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Karawang sejak Jumat dini hari (25/2/2023). Akibatnya, selain saluran air dan sungai banyak di temui meluap, buruknya drainase membuat akses jalanan di perkotaan dan jalanan umum tergenang berjam-jam. 
Foto : Hujan Seharian Bikin Sejumlah Sungai dan Irigasi Meluap, akses jalanan umum, perkantoran dan beberapa desa di Karawang tergenang air


Di Tanjung Pura Kecamatan Karawang Barat misalnya, air hujan sempat lambat mengalir di area perkantoran seperti Bidang Pangan Dinas Pertanian Karawang dan Kantor Kecamatan beejam-jam, begitupun pinggiran akses jalanan Tanjung Pura - Lampu merah, genangan air meringsek masuk ke halaman perkantoran di lokasi itu.

Sementara di Kecamatan Cilamaya Wetan, air hujan yang mengguyur dari hulu ke hilir, juga membuat kalen Maryamah dan Kalen Tasrif meluap dan meluber ke beberapa pemukiman di Desa Rawagempol Wetan dan Desa Mekarmaya, hingga Desa Sukatani di Komplek Pesantren Ashidiqiyah.

Foto : Hujan Seharian Bikin Sejumlah Sungai dan Irigasi Meluap, akses jalanan umum, perkantoran dan beberapa desa di Karawang tergenang air

Luapan sungai juga nampak di Kali Cibulan-bulan dari muara Desa Ciwulan, Kalisari Kecamatan Telagasari hingga Kecamatan Tempuran hingga mulai memasuki area pesawahan yang baru sebar atau persemaian. 
Beruntung, genangan air terus berangsur surut hingga Jumat sore. 

"Iya, halaman perkantoran baik di Bidang Pangan maupun Kecamatan banjir, tapi semakin sore Alhamdulillah semakin surut. Mudah-mudahan cepat surutnya, " Kata Kabid Ketahanan Pangan Distan Karawang Yayat Rohayatie.

Sementara itu Kepala BPBD Karawang Mahpudin saat di singgung jumlah Kecamatan dan sungai yang tergenang banjir akibat hujan deras seharian Jumat pagi, sampai berita ini di tulis yang bersangkutan belum memberikan balasan. (Rd)