Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung beroperasi pada Juli 2023 mendatang. Proyek KCJB saat ini masih dikerjakan oleh KCIC dan juga KAI.

Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal mengatakan, ada kemungkinan pengoperasian KCJB berbarengan dengan pengoperasian LRT Jabodebek.

Foto : LRT Jabodebek

"Insyallah masih sesuai target. Apakah nanti akan bersamaan dengan LRT, nanti kita lihat," kata Risal saat ditemui di Gedung DPR RI, Rabu (1/2/2023).

Dia menjelaskan, sejauh ini tidak ada kendala dalam pembangunan proyek KCJB baik dari konstruksi maupun segi lainnya.

Dia berharap dengan beroperasinya KCJB dapat mengurangi kemacetan yang terjadi di Jakarta-Bandung. Selain itu, waktu tempuh juga akan menjadi perhitungan masyarakat untuk beralih ke transportasi umum.

"Kita berharap kereta cepat ini mengubah budaya baru. Kereta cepat ini nilai waktu semakin dipertimbangkan ke depannya," ujar dia.

Sementara itu, untuk mendukung konektivitas pergerakan masyarakat, Kemenhub bersama KAI tengah membangun sistem intergrasi dengan moda transportasi lainnya.

"Ada BRT ada LRT jabodebek. Ke depan ada LRT Jakarta koridor Kelapa Gading juga masuk ke sana. Pastinya akan terintegrasi satu sama lain, baik intermoda maupun antarmoda," tuturnya.(*)