Sela dua hari terakhir, Persatuan Kepala Desa Indonesia (Papdesi) Karawang gelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di hari jadinya yang ke 1 di Hotel Aksaya Karawang, Rabu (1/2/2023). 
Foto : Para Kades yang tergabung dalam Papdesi Karawang Saat Harlah ke 1 dan Rakercab di Hotel Aksaya Karawang


Dihadiri Bupati Karawang dan Pimpinan Papdesi Jawa Barat Abdul Halim yang juga Kades Duren Klari, organisasi para kades itu, kembali mengultimatum Pemkab Karawang untuk kembali membantu pengadaan kendaraan mobil operasional desa. 

Pimpinan sidang Rakercab Komisi Papdesi Karawang, Juhari SH mengatakan, dalam rakercab, ada agenda penting dibahas bersama kepala desa untuk di hasilkan dan menjadi bahan rekomendasi atau ajuan kepada Pemkab sebagai suara dan harapan para Kades. Namun, dari Beberapa diantara rekomendasi di hasilkan sejumlah point yang akan di rumuskan kembali dan di susun berdasarkan prioritas usulan.

"Ada beberapa usulan yang masuk dal bahasan rakercab, tapi kita rinci menjadi poin usulan prioritas untuk jadi rekomendasi hasil rakercab kepada Pemkab, " Katanya, Kamis (2/1/2023).

Juhari menambahkan, poin itu dibagi menjadi 4 usulan, pertama sebutnyaz yang paling penting adalah mendukung dan mengawal perubahan UU desa Nomor 6 Tahun 2014, kemudian Pemerataan Pembangunan infrastruktur  di desa-desa dari program Pemerintah Daerah Kabupaten, provinsi dan pusat. Kemudian ketiganya, sebut Juhari, adalah pengadaan kembali mobil oprasional Desa dari Pemkab Karawang, sebab alasannya, para kades menilai bahwa kendaraan operasional yang lama sudah lapuk dan tidak layak pakai.

"Dan usulan yang terakhir ke empat, adalah mendorong usulan Siltap Rt dan Rw yang belum terakomodir di pemkab, karena penambahan jumlah Rt Rw di wilayah desa yang perlu menjadi pertimbangan Pemkab Karawang, " Ujarnya. (Rd)