Mendapati honor Rp275 ribu perbulannya, ribuan Linmas di Karawang tak lagi harus antri mendapati pembagian kesejahteraannya itu di Kantor Kecamatan setiap bulannya. 

Foto : Kegiatan Pendistribusian Buku Rekening Bagi Anggota Linmas Desa

Meskipun besaran honornya minim di kisaran Rp275 ribu per Linmas Desa dan Rp500 Ribu Linmas Kelurahan perbulan, namun amanat Perbup Nomor 46 Tahun 2019 yang mengharuskan distribusi keuangan daerah di berikan dalam bentuk non tunai.

Efeknya, mau tidak mau, para anggota linmas yang juga mayoritas berusia sepuh, harus melakukan penarikan honornya yang kurang  Rp1 juta perbulan itu ke Bank di Tahun ini.

"Hari ini Senin (20/2/2023) pendistribusian di mulai, Kecamatan Tempuran sendiri mendapati 140 anggota Linmas menerima buku tabungan, karena masing-masing di berikan 10 orang anggota. Nantinya, honor mereka yang Rp 275 ribu perbulan, di ambilnya di Bank, " Kata Mashuri, Kasie Trantib Kecamatan Tempuran.

Sementara Kabid Perlindungan Masyarakat (Linmas) Mako Pol PP Karawang, Adi Firmansyah mengungkapkan, sesuai amanat Perbup Nomor 46 Tahun 2019 transaksi keuangan daerah di berikan dalam bentuk non tunai. Sehingga, 
Mulai tahun ini, honor linmas yang dulunya ada di kecamatan, dialihkan ke Mako Satpol PP melalui bidang Linmas.
Karenanya, sebut Adi, honor dengan besaran Rp275 untuk Linmas desa dan Rp500 ribu linmas kelurahan honornya semua lewat rekening BJB. 

"Sekarang ini pendistribusian buku tabungannya sedang berjalan di setiap Kecamatan, mulai 16 Februari sampai 28 Februari 2023 dengan jumlah Linmas 3.090 yang tersebar di 309 desa dan kelurahan di Karawang. " Katanya. 

Ia berharap, anggaran linmas dengan besaran Rp800 juta setiap bulannya dari APBD II lebih fleksibel terarah dan tepat sasaran pendistribusian dengan non tunai ini.

"Besar harapan, setelah via rekening, Kedepan Pemkab bisa menaikan besaran honor para anggota Linmas ini, karena sampai tahun ini untuk Linmas Desa baru mampu memberikan Rp274 ribu perbulan, ditambah dari DBH dan ADD Desa Rp300 ribuan, sehingga dalam sebulan di semua mata anggaran honor mereka masih dibawah Rp1 jutaan, "ungkapnya. (Rd)