GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Kemenhub: Pendaftaran Mudik Gratis Jalur Darat Bakal Dibuka Kembali

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan pendaftaran mudik gratis jalur darat yang mengangkut penumpang dengan bus dan sepeda motor dengan truk kemungkinan bakal dibuka kembali.

Foto ilustrasi : Mudik Gratis Motor

Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Suharto mengatakan sejak dibuka pendaftaran pada, Senin (13/3), saat ini pendaftarannya sudah ditutup karena kuota yang tersedia sudah terpenuhi.

"Mudah-mudahan ini segera kami akan umumkan kembali, kami akan buka kembali supaya masyarakat bisa untuk mempergunakan kembali fasilitas yang disiapkan Kementerian Perhubungan," ujar Suharto saat media briefing "Update Penyelenggaraan Mudik Gratis Kemenhub Tahun 2023" di Gedung Kemenhub, Jakarta, Jumat.

Suharto mengungkapkan kemungkinan pendaftaran itu dibuka lantaran ada pendaftar sebelumnya yang tidak melakukan validasi sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

"Jika yang daftar tidak melaksanakan validasi maka dianggap batal," ucap Suharto.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat yang telah mendaftar program mudik gratis dengan bus untuk melakukan validasi ulang di posko yang sudah ditentukan, maksimal tujuh hari setelah pendaftaran.

Foto ilustrasi : Mudik Gratis Motor

Sementara, untuk masyarakat yang masih ingin mendaftar agar mengecek aplikasi MitraDarat secara berkala karena ada kemungkinan pendaftaran dibuka kembali.

Validasi ulang bisa dilakukan pada 08.00-16.00 WIB di lima titik, yakni GOR Bulungan Jakarta, Terminal Margonda Depok, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Kantor Dinas Perhubungan Tangerang, dan Terminal Kayuringin Bekasi.

Kuota dari penumpang yang tidak melakukan validasi ulang otomatis akan masuk kembali pada sistem MitraDarat sehingga bisa dipilih oleh penumpang lainnya yang akan mendaftar.

Sebelumnya, Kemenhub menyiapkan kuota sebanyak 24.702 penumpang untuk mudik gratis dengan menggunakan bus pada periode angkutan Lebaran 2023.

"Jadi, kuota mudik gratis yang kami siapkan adalah 24.072 orang itu untuk kuotanya. Berangkatnya mudik  itu kita menyiapkan kuota 18.528 (penumpang), nanti untuk arus baliknya kami menyiapkan kuota 5.544 (penumpang)," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno dalam konferensi pers yang dipantau secara daring pada Senin (13/3).

Kemenhub menyiapkan total 585 bus dengan rincian 459 bus untuk arus mudik dan 126 bus untuk arus balik.

Kemenhub juga menyiapkan 30 truk untuk mengangkut sepeda motor untuk mengangkut 900 sepeda motor. Adapun rinciannya, 15 truk mengangkut 450 sepeda motor untuk arus mudik dan 15 truk mengangkut 450 sepeda motor pada arus balik.(Ant)

Komentar0