Ketua Ikatan Kepala Desa (IKD) Kecamatan Cibuaya yang juga Sekretaris Apdesi Karawang Alex Sukardi dorong Pemkab Karawang serius untuk mengabulkan kenaikan Penghasilan Tetap (Siltap) Kades, Perangkat Desa, BPD dan RT/RW setiap Desa. 

Foto : Ilustrasi

Usulan kenaikan ini di sampaikan Alex, disela-sela Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Dapil III di Aula Koorwilcambidik Cibuaya pada Senin kemarin (27/2/2023).



"Kita sudah sering mengusulkan dan di harapkan bisa dilaksanakan oleh Pemda, itu rata rata inisiasi dari APDESI, tahun kemarin saja pihaknya mengusulkan dan pada bulan Juni juga sudah rapat di gedung DPRD, namun sampai sekarang tidak ada tindak lanjutnya, " Katanya. 

Pihaknya sebut Alex, dari APDESI menunggu di undang untuk pembahasan anggaran, padahal usulannya jelas bahwa kita Kepala Desa dalam hal ini mengajukan dari Alokasi Anggaran Dana Desa itu dua belas persen tidak lagi sepuluh persen, karena ini amanah dalam Undang Undang Nomor 6 tahun 2014, PP No 47 tahun 2015. 

"Jelas disana ADD itu adalah sepuluh persen minimal, jadi ada bahasa minimal dan kita sudah rapat dengan DPRD agar mengusulkan dua belas persen, "katanya. 

Dalam Musrenbang Dapil III bertempat di GOR Korwilcambidik Kecamatan Cibuaya pada Senin (27/2) pagi. Dihadiri, anggota DPRD Karawang yaitu dari PDIP Rosmilah Amd (fraksi PDIP Karawang), Hj Nurlela Sarifin (fraksi PBB) dan Drs H. Maman (fraksi PKS). Turut hadir pula Camat dari lima Kecamatan, Sekcam, Ketua Bapeda Karawang, team Musrenbang Dapil, UPTD Lingkungan hidup, UPTD Puskesmas, Korwilcambidik Cibuaya, para Ketua IKD, para Kepala Desa Sekecamatan Cibuaya, PKK, Forum BPD, LPM, KUA dan PLKB. (Rd)