Korlantas Polri menggandeng google untuk menyukseskan mudik Lebaran 2023. Keberagaman fitur Google Maps dinilai dapat mempermudah pengendara memandu di perjalanan.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi

"Ada penambahan pada fitur seperti pos pengamanan, pos pelayanan, dan rest area,” kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi dalam keterangan resminya, Rabu, (8/3/2023).

Menurut Eddy, masyarakat bisa memanfaatkan Google Maps untuk memantau dinamika lalu lintas.

Pasalnya, Polri bakal memberlakukan pengalihan arus, buka tutup arus, contra flow, hingga sistem satu arah secara situasional.

“Ini akan memudahkan masyarakat dan membuat aman serta nyaman melalui ruas jalan tersebut,” ujar dia.

Ia menyatakan bahwa kerja sama dengan Google ini adalah yang kedua kalinya, setelah tahun lalu pun bersama-sama memberi layanan informasi soal mudik.

“Mudah-mudahan masyarakat bisa menggunakan dengan baik dan ini memudahkan juga bagi kami sebagai stakeholder terkait,” terang dia.

Polri juga telah siap melakukan Operasi Ketupat dalam rangka pengamanan mudik Lebaran 2023.

Polri memperkirakan ada sekitar 123,8 juta masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran 2023. Angka tersebut berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub.

Jumlah ini meningkat 14,2 persen dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat pada Lebaran 2022 yang hanya mencapai sekitar 85,5 juta orang.(Ant)