Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy membuka pemberlakuan jalur satu arah dari Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, menuju ke arah Gerbang Tol Cikampek, Senin.(24/4/23).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy bersama Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi.

Menko PMK Muhadjir Effendy bersama dengan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi membuka jalur satu arah tersebut pada pukul 14.45 WIB.

"Ada sedikit penundaan karena arus mudik dari arah barat masih cukup padat," kata Muhadjir.

Ia meminta para pemudik menyiapkan BBM serta kartu uang elektronik untuk transaksi di gardu tol, karena perjalanan dari Kalikangkung hingga Cikampek cukup panjang.

Petugas dari kepolisian, lanjut dia, akan memberikan pengawalan di jalur A dari timur ke arah barat tersebut agar tertib dan selamat sampai tujuan.

"Tidak boleh ada yang mendahului patwal. Pemudik akan dikawal sampai Cikampek," katanya.

Ia juga mengimbau pemudik agar beristirahat di tempat beristirahat namun jangan terlalu lama.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy bersama Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi.

"Kalau sangat lelah, sebaiknya keluar dulu ke 'exit' tol terdekat, lalu beristirahat, kemudian masuk lagi ke tol," katanya.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengimbau pemudik yang sudah masuk jalur B tidak berpindah ke jalur A yang lebih longgar.

"Ini untuk kelancaran bersama," katanya.

Sebelumnya, puncak arus balik gelombang pertama diperkirakan akan terjadi pada 24 dan 25 April 2023.

Sementara puncak arus balik gelombang kedua diperkirakan pada 30 April hingga 1 Mei 2023.