*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Puncak Arus Balik, Polda Metro Siapkan Contraflow hingga Tol Dalam Kota

Sistem lalu lintas satu arah atau one way diterapkan di Tol Kalikangkung Km 414 hingga Tol Cikampek Km 72. Polda Metro Jaya menyiapkan contra flow hingga Tol Dalam Kota jika terjadi kemacetan.

Foto ilustrasi

"One way sudah dilepas dari Kalikangkung. Rencananya mungkin sampai sini jam 7 atau jam 8 kita menerima arus banyak dari arah Cikampek sana," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Senin (24/4/2023).

Latif mengatakan pihaknya sudah menyiapkan antisipasi terkait hal tersebut. Salah satunya penetapan contraflow dari Km 72 hingga Km 47. Namun demikian, penerapan contraflow akan bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan.

"Dari Km 72 sampai Km 47 nanti akan bertahap, kalau panjang akan dilakukan contraflow sampai dengan Km 36. Nah kalau panjang lagi akan dilakukan one way sampai Km 26. Kalau panjang lagi lanjut sampai Km 3," ujarnya.

Foto

Selain itu, lanjut dia, jika diperlukan akan dilakukan contraflow di Jalan Tol Dalam Kota untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan yang ada.

Jika di Tol Dalam Kota terjadi penumpukan, nantinya kendaraan akan diarahkan terlebih dahulu ke Tanjung Priok atau Pondok Indah.

"Kita bagi rata apabila kepadatan terjadi di Dalam Kota, akan dibuang dulu ke Tanjung Priok maupun ke arah Pondok Indah. Tentunya nanti ada masalah di pintu tol. Pintu tol akan kita tambah petugas tap pintu tol," kata dia.

"Setelah itu, maksimal nanti akan kita perkuat di jalur arteri keluar tol diperkuat dari Cibatu, Cibitung, Cikarang, Cikarang Barat sampai Bekasi Barat, Bekasi Timur dan exit tol seluruh Jakarta akan dikuat oleh personel yang diperbantukan dari Sabhara maupun Brimob untuk betul memperlancar arus yang akan keluar dari jalur tol ini," imbuhnya.

(wnv/rfs/dtk)

Komentar0