Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa partai-nya akan mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) secara serentak di seluruh Indonesia pada Kamis, 11 Mei 2023.

"Kami juga akan menyampaikan bahwa terkait dengan seluruh tahapan pemilu yang diikuti secara konsisten oleh PDI Perjuangan, maka pendaftaran seluruh calon anggota legislatif dari kabupaten, kota, provinsi, dan tingkat pusat akan dilakukan secara serentak pada tanggal 11 Mei jam 10.00 tepat," ujar Hasto kepada wartawan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Senin.

Hasto mengatakan bahwa pendaftaran tersebut akan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Foto : Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto

Sebagaimana menjadi ciri dari PDIP, tutur Hasto melanjutkan, seluruh kelengkapan administratif sudah dilakukan dan seluruh calon anggota legislatif sudah dipersiapkan secara matang.

"Karena kemajuan Indonesia Raya ke depan juga akan ditentukan, tidak hanya oleh siapa yang akan menjadi capres dan cawapres, (maupun) dengan seluruh jajaran menterinya," ujar Hasto.

Bagi Hasto, para anggota legislatif, baik di tingkat pusat hingga kabupaten, memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan kemenangan bakal calon presiden yang diusung oleh PDI Perjuangan Ganjar Pranowo.

"Dalam hal ini PDI Perjuangan terus berjuang untuk memenangkan bapak Ganjar Pranowo," ucapnya.

KPU RI telah membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPR RI untuk Pemilu 2024 mulai 1-14 Mei 2023. Untuk 1-13 Mei, jam operasional pendaftaran adalah dari pukul 08.00-16.00 waktu setempat.

Sedangkan pada 14 Mei, jam operasional pendaftaran dimulai pukul 08.00-23.59 waktu setempat.(Antara)