Headline
---

Desa Pacing Usung 'Sawarga' dan Eco Enzyme Jadi Inovasi Lomba Desa Tingkat Kabupaten Karawang

Desa Pacing Kecamatan Jatisari, menjadi satu dari 6 desa lainnya yang persentase dalam seleksi penilaian lomba desa tingkat kabupaten Karawang tahun 2023 di Kantor DPMD Karawang, Senin (29/5/2023). Desa yang lahir sejak tahun 1970 dengan 4.392 Jiwa dan1.399 KK ditahun 2022 ini, usung Eco Enzyme dan Saatnya Waspada agar Baca Pola Asuh Keluarga (Sawarga) pencegahan stunting sebagai inovasi yang di persentase kan di hadapan para juri tersebut.
Foto : Kades Wawan Jaelani Saat Persentase Desa Pacing Dalam Penilaian Lomba Desa DPMD Karawang Tahun 2023


Kades Pacing, Wawan Jaelani mengatakan Desa dengan slogan 'Nyukcruk Galur Riwayat Sepuh' ini adalah di identikan dengan 'Tempat Cicing' (Pacing) yang harus membuat nyaman dan memastikan keamanan nya pada setiap masyarakat dalam dan luar desa. Pihaknya, sebut Wawan, dengan bangga memastikan diri sebagai Desa 'Budaya' dan gudang seniman di Kecamatan Jatisari di tengah mayoritas warganya yang bekerja sebagai buruh tani. 

Tak jarang, kegiatan rutin desa seperti 
Gelaran Budaya Hajat Bumi Babaritan yang terus lestari, Helaran Budaya, Pembangunan Museum Mini Budaya Dapoer Karuhun, Budaya Gotong Royong ruag Imab dan ngadegkeun, Gorol dan Basmi Tikus Kalagumarang yang masih tetap terjaga. 

"Alhamdulillah, kita mampu mempertahankan budaya dengan segudang Helaran budaya yang terus di lestarikan. Makanya, kami percaya diri bahwa desa pacing adalah gudang budaya di Kecamatan Jatisari, " Ungkapnya.

Soal Inovasi Desa, sambungnya, Desa Pacing sudah zero stunting berkat program yang di dorong lewat istilah SAWRGA (Saatnya Waspada ager Baca Pola Asuh Keluarga). Ini penting, karena gak banyak orang tua faham cara pengasuhan yang baik dan benar pada anak-anaknya. 

Lebih jauh ia juga sudah berkolaborasi dengan Pengelola Huma Eco Enzyme dan Dinas Pertanian dalam peningkatan SDM PKK Desa dalam mengelola smpah organik jadi cairan Eco Enzyme yang multi fungsi. Sebab, ada beberapa keuntungan hadirnya Eco Enzyme, yaitu selain menyelamatkan alam dari ancan sampah dengan pengelolaan yang baik, manfaat pengolahan jadi Cairan yang bersumber dari sampah buah dan sayuran juga memiliki manfaat bagi masyarakat, seperti disifektan ternak, pupuk cair organik, sabun kesehatan, hingga pembunuh kuman dan bakteri yang alami dan ramah lingkungan.

"Kita topang ketahanan pangan dengan Eco Enzyme yang jadi pupuk cair organik dan kesehatan bagi masyarakat lingkungan, " Ungkapnya. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan