Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menyebut seluruh bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat yang berjumlah 55 orang sudah mendaftarkan atau menyerahkan berkas persyaratan hingga hari terakhir menjelang penutupan proses pendaftaran di Kantor KPU setempat, Minggu.(14/5/23).

Kepala Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Jawa Barat Endun Abdul Haq

Kepala Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Jawa Barat Endun Abdul Haq mengatakan pendaftaran bakal calon DPD itu telah dibuka sejak 1 Mei dan berakhir pada 14 Mei 2023. Bakal calon anggota DPD yang terakhir mendaftar itu tercatat sekitar pukul 16.00 WIB.

"Alhamdulillah 55 bakal calon yang sudah ditetapkan oleh KPU RI sekarang sudah mendaftar semua," kata Endun saat ditemui di Kantor KPU Jawa Barat, Kota Bandung, Jawa Barat.

Menurut dia, ke-55 bakal calon anggota DPD adalah yang telah memenuhi syarat dukungan dan berhak mencalonkan diri. Adapun para bakal calon anggota DPD itu harus hadir ke Kantor KPU Jawa Barat untuk mendaftar dengan menyerahkan berkas-berkas persyaratan.


Dari 55 bakal calon anggota DPD dari dapil Jawa Barat itu terdapat nama-nama sejumlah figur publik, di antaranya komedian Alfiansyah Bustami alias Komeng, komedian Ogie SOS, hingga artis sinetron yakni Jihan Fahira.

Selain itu, menurutnya, hingga Minggu petang, pihaknya pun masih menunggu tiga partai politik yang belum mendaftarkan bakal calon legislatif untuk kursi DPRD Jawa Barat. Tiga partai politik itu, kata dia, yakni Partai Gelora, Partai Buruh, dan Partai Garuda.

Pihaknya, kata Endun, akan menunggu tiga partai politik itu hingga pukul 23.59 WIB yang merupakan batas waktu pendaftaran. Apabila tidak mendaftar, maka menurutnya partai politik itu tidak bisa mendaftarkan kadernya sebagai bakal calon anggota legislatif.

"Sampai saat ini, kami sudah menerima 15 partai politik dari 18 partai politik peserta pemilu. Berarti tinggal tiga partai politik yang kita tunggu," katanya.(Ant)