Dalam rangka mengenalkan pengetahuan lalu lintas kepada anak usia dini, Kasat Lantas Polres Karawang AKP LD Habibi Ade Jama menggelar kegiatan Program PSA (Polisi Sahabat Anak) bersama murid SDIT Al-Bakhtiar di Mako Polres Karawang.

Foto : Satlantas Polres Karawang Saat Bersama Murid SDIT Al Bakhtiar

Program Polisi Sahabat Anak kali ini ialah tentang memberikan edukasi soal tertib berlalu lintas sejak usia dini sekaligus menyampaikan sosialisasi Kamseltibcar Lantas, Selasa (9/5/2023).

Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono melalui Kasat Lantas Polres Karawang AKP LD Habibi Ade Jama menjelaskan, Edukasi ini merupakan wujud nyata kepedulian Polri kepada masyarakat, khususnya terhadap anak-anak.

Menariknya lagi, Kasat Lantas Polres Karawang mengarahkan Bripka Syarif Hidayat beserta Briptu Rizal Budi Ramdani dan Briptu Novia Sucita untuk mengenalkan kepada anak anak tentang lalu lintas, seperti keharusan memakai helm atau safety bel pada mobil, tidak melawan arah, berhenti ketika lampu jalan sudah menyala merah dan edukasi lainnya.

"Sehingga nantinya tertanam sikap disiplin sejak usia dini, dan kelak dewasa nanti menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas bagi orang di sekitarnya," harap Habibi.
Foto : Satlantas Polres Karawang Saat Bersama Murid SDIT Al Bakhtiar

Pada dasarnya, program tersebut memberikan penyuluhan dan pembinaan agar dapat membiasakan diri tertib berlalu lintas serta kedisiplinan kepada anak anak usia dini.
"Pastinya, kita menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak, dengan metode belajar sambil bernyanyi," jelas perwira pertama Polri ini.

Harapannya kata Habibi, supaya anak anak lebih memahami pembelajaran lalu lintas sejak usia dini, sebagai upaya menurunkan angka pelanggaran dan jumlah fatalitas kecelakaan di Kabupaten Karawang.

Dengan tujuan, nantinya akan meningkatkan kesadaran dalam berlalu lintas yang bakal terciptanya Kamseltibcarlantas di wilayah hukum Polres Karawang Polda Jabar.

Jebolan Akpol 2012 ini menandaskan, "Kita berharap dengan diadakannya program edukasi ini, bisa menambah pengetahuan anak-anak seputar lalu lintas. Sekaligus tertanam jiwa kedisiplinan terhadap anak sejak usia dini,"

"Kita juga mengajak budaya hidup bersih hidup sehat seperti, sejak masuk sekolah sudah harus menerapkan prokes," pungkas Kasat Lantas Polres Karawang. (Rd)