Breaking News
---

Larung Dongdang Dengan Hiasan Perahu, Nelayan Tangkolak Cilamaya Wetan Pesta Laut

Masyarakat nelayan Desa Sukakerta, Kecamatan Cilamaya Wetan dengan penuh suka cita mengadakan hajatan pesta laut atau Nadran laut dalam rangka mensyukuri hasil laut yang melimpah.
Foto : Pesata Laut di Tangkolak Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan


Maka tidak heran jika pemandangan berbeda dapat ditemui di sekitaran di Tengkolak dengan banyaknya puluhan perahu yang dihias sedemikian rupa dengan aneka ragam ornamen berwarna-warni.
Ungkapan syukur itu, juga ditandai dengan larung dongdang kepala kerbau di pusar laut setelah di ruwat dan di berikan doa-doa khusus para tokoh dan sesepuh masyarakat setempat sebagai simbol keberkahan dengan harapan kepada Tuhan agar terus di berikan hasil laut yang melimpah.

Untuk menjaga hal - hal yang tidak diinginkan dan acara berjalan dengan lancar, Babinsa Koramil 0408/Cilamaya bersama BPBD Karawang turun langsung dengan menggunakan perahu karet.

"Kehadiran kami untuk memberikan rasa aman dan ini bentuk kepedulian TNI dalam mendukung kegiatan warga termasuk, gelaran pesta laut dan festival dongdang," kata Serka Wawan pada Kamis (23/6/2023).

Babinsa juga mengapresiasi gelaran festival dongdang dalam mempertahanka tradisi dan bisa terselengara dengan baik.

Foto : Pesata Laut di Tangkolak Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan

Selain itu, Babinsa juga mengajak para nelayan agar bersama-sama menjaga kelestarian laut dan tidak merusaknya, sebab profesi masyarakat setempat rata-rata adalah nelayan dan mencari ikan di laut sebagai mata pencaharian para nelayan.

“Kami berharap agar para nelayan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dilarang oleh pemerintah hal itu yang dapat merusak terumbu karang dan potensi ikan di lautan,” pungkasnya. 
Hadir dalam kegiatan tersebut, Kades Sukakerta H Buchori, Muspika Kecamatan dan Sejumlah Pejabat Dinas Perikanan dan Kelautan Karawang.

Seperti di ketahui, pesta laut atau sedekah laut/Hajat Laut merupakan acara adat yang Umumnya dilakukan masyarakat pesisir di Seluruh Nusantara sebagai wujud rasa syukur kepada Alloh SWT atas hasil laut yang melimpah di perairan Indonesia. Kegiatan pesat laut di Tangkolak sendiri di pusatkan penyelenggaraannya di kawasan kampung wisata Mangrove Tangkolak tepatnya di Tempat pelelangan Ikan (TPI) yang terletak di ujung kampung Tangkolak Barat.

Tahun ini Pesta Laut di laksanakan mulai Tgl 21 – 24 Juni 2023 dengan Aneka agenda acara meriah, mulai dengan Tabligh Akbar, pertunjukan Wayang Kulit, dan acara inti Kirab Perahu Nelayan ke tengah Lautan dan d tutup dengan Pagelaran Sandiwara. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan